Jakarta
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 03 Des 2017 - 15:16:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Salut, Anies Siapkan Pergub Libur Hari Raya Deepavali

59FB_IMG_1512288472341.jpg
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan pemugaran pura agama Hindu di Jakarta beberapa waktu lalu (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Khabar baik bagi pemeluk Hindu etnis India. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sedang menyiapkan peraturan gubernur (pergub) hari libur fakultatif untuk perayaan Hari Raya Deepavali. Libur fakultatif ini dinilainya perlu agar warga DKI pemeluk agama Hindu beretnis India bisa merayakannya bersama keluarga.

"Kami akan menyiapkan sebuah peraturan untuk memberikan kesempatan kepada umat Hindu beretnis India agar bisa merayakan Deepavali bersama keluarga," kata dia di Jakarta, Sabtu (2/12/2017) malam.

Janji itu diucapkan Anies saat hadir dalam kegiatan Malam Seni dan Budaya Deepavali Nasional di Grand Sahid Jaya, Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Anies mengatakan, banyak warga DKI yang selama ini terpaksa tetap harus bekerja pada saat perayaan hari besar karena tak ada libur fakultatif.

Anies menceritakan pengalamannya ketika kuliah dan bekerja di Amerika Serikat. Saat di sana, ia diberikan izin cuti untuk merayakan hari besar Islam yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Deepavali untuk tahun depan akan jatuh di bulan Oktober. Adanya aturan itu akan membuat umat Hindu beretnis India bisa merayakan bersama keluarga.

"Libur fakultatif artinya bukan libur umum tetapi libur pilihan yang boleh diambil tapi juga boleh tidak diambil atau tidak wajib," ujar dia.

Dalam Deepavali atau festival cahaya tahun ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin bersama Gubernur Anies dan Wakil Gubernur Sandi turut menyalakan pelita sebagai simbol perayaan yang memiliki pesan kegelapan akan dihapus oleh cahaya. Perayaan inipun semakin disemarakkan dengan makanan khas, musik, dan tarian khas India.(dia/rep)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...