Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 05 Des 2017 - 06:22:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Tepung Kelapa Indonesia Laris di Rusia

79tepung.jpg
ilustrasi (Sumber foto : istimewa)

MANADO (TEROPONGSENAYAN) - Produk ekspor tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) makin laris manis di Rusia. Hal ini menyusul permintaan ekspor terus berdatangan.

"Jelang Natal pengiriman tepung kelapa ke Rusia semakin banyak," kata Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Jenny Karouw di Manado, Senin (4/12/2017)

Jenny mengatakan kali ini tepung kelapa yang diekspor ke Rusia sebanyak 26 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 62.400 dolar Amerika Serikat (AS). Di penghujung tahun, jumlah tepung kelapa yang diekspor ke Rusia terus meningkat. Ini karena permintaan masyarakat juga naik.

Ia menjelaskan tingginya ekspor tepung kelapa ke Rusia, ditandai makin stabilnya pasar di negara tersebut. Kalau tahun-tahun lalu hanya menjadi pasar alternatif, tetapi dua tahun terakhir sudah jadi pasar konstan.

Bahkan dari informasi diperoleh bahwa kebutuhan tepung kelapa Rusia sebenarnya sangat besar, tetapi belum dapat dioptimalkan karena keterbatasan industri tepung kelapa yang dapat merambat ke negara tersebut.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi agar komoditi unggulan daerah bisa dijual di semua negara di dunia.

”Kami akan terus memfasilitasi agar selalu tercipta pasar baru bagi komoditi ekspor Sulut, baik turunan kelapa, pala maupun produk perikanan,"jelas dia. (Ant/icl)

tag: #kementerian-perdagangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...