Kuasa Hukum Setnov Yakin Menangkan Praperadilan Jilid II
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 07 Des 2017 - 10:11:46 WIB

Bagikan Berita ini :

63frederich-yunadi_20151125_111105.jpg
Sumber foto : Dok Istimewa
Kuasa Hukum Setya Novanto Fredrich Yunadi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang praperadilan jilid II, Setya Novanto melawan KPK, Kamis (7/12/2017) hari ini.

KPK sudah menyelesaikan berkas tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP dan kini sudah dinyatakan lengkap atau P21 serta dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.

Pihak Biro Hukum KPK akan tetap hadir ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai bentuk menghormati panggilan dari pengadilan.

Menanggapi praperadilan, Kuasa Hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi meyakini KPK akan kalah sama seperti praperadilan pertama.

"Insyaallah. Doakan bisa menang," ujar Fredrich.

Fredrich juga mempertanyakan pandangan soal praperadilan kliennya dipastikan gugur karena berkas sudah lengkap dan dikirim ke Pengadilan Tipikor.

"Yang ngomong gugur siapa? Belajar hukum yang benar. Oke ya," ucap Fredrich.

Soal ‎nasib praperadilan Fredrich meyakini praperadilan akan tetap berjalan‎, tidak akan gugur.

"Siapa yang bilang gugur? Yang bilang siapa? Gak ada hubungannya praperadilan dengan berkas P21," terang Fredrich.

‎Fredrich menjelaskan praperadilan tidak akan gugur karena sesuai dengan aturan baik pada KUHAP maupun MK, praperadilan baru akan gugur bila sudah dibacakan dakwaan.

Sementara dalam kasus Setya Novanto, ‎yang terjadi baru berkas dinyatakan lengkap (P21) belum ada penunjukkan hakim apalagi pembacaan dakwaan.

"Praperadilan itu akan gugur bila sudah dibacakan dakwaan. Ini kan dakwaan belum, penyerahan berkas ke pengadilan pun belum, penunjukan hakim juga belum. Jadi masih panjang," tegas Fredrich.

‎Terakhir, Fredrich juga menyerahkan jalannya sidang praperadilan ke hakim karena itu adalah kewenangan hakim.

"Jadi kita lihat aja perkembangannya, dan itu kewenangan hakim. Kalau hakimnya gak peduli dan tetap ‎dilanjutkan ya itu, wewenang hakim," tambah Fredrich. (aim)

tag: #setya-novanto  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING