Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 07 Des 2017 - 10:27:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Posisi Panglima TNI Bukan Kayak Kocok Arisan

30komisi-i-minta-tni-harus-siap-dipimpin-marsekal-hadi-tjahjanto.jpg
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, tidak ingin mempersoalkan posisi Panglima TNI yang harus sesuai giliran matra dan urutan angkatan.

Wiranto menegaskan, posisi Panglima TNI bukanlah ‘arisan’ atau ‘urut kacang’.

“Tidak harus kemudian kayak arisan, gantinya itu teratur, tidak. Tetapi berdasarkan kondisi obyektif yang dihadapi. Dan juga tidak harus kemudian urut kacang, urut angkatan,” ujar Wiranto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017).

Wiranto memberi contoh ketika dirinya menjabat sebagai Panglima ABRI (kini Panglima TNI). Pada waktu itu, ia melompati tujuh angkatan di atasnya.

“Saya menggantikan Pak Faisal Tanjung, saya angkatan '68 beliau angkatan '61, mengganti tujuh angkatan tidak masalah. Pak Tito juga begitu, mengganti empat angkatan ketimbang para perwira yang dipimpinnya. Saya kira ini tidak perlu dipermasalahkan. Karena kita bicara kapasitas, bicara kompetensi, bicara leadership,” papar Wiranto.

Wiranto mengatakan, pergantian Panglima TNI disesuaikan dengan kebutuhan untuk menghadapi situasi yang ada, berdasarkan kapasitas yang dimiliki.

Wiranto juga mengatakan, seorang Panglima TNI dari matra apa pun tidak mungkin mengedepankan ego sektoral sesuai matra mereka, dalam membangun kekuatan pertahanan negara.

“Tetapi kita melihat bahwa setiap Kepala Staf Angkatan itu sudah dianggap mempunyai kemampuan leadership, kemampuan manajerial yang sama. Sedangkan untuk pembangunan kekuatan, matra, itu sudah ditentukan dalam renstra. Jadi tidak mungkin seorang Panglima ngarang sendiri, tidak mungkin,” tutur Wiranto. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...