Anies Bakal Sulap Kawasan Tanah Abang Lebih Teduh
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 07 Des 2017 - 14:34:01 WIB

Bagikan Berita ini :

44tanah-abang.jpg
Sumber foto : Istimewa
Ilustrasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Anies Baswedan mengaku telah menyiapkan konsep penataan kawasan pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia membeberkan bahwa kawasan tersebut akan dibuat lebih teduh.

Alasannya, beber Anies, lantaran teriknya cuaca dan banyaknya pejalan kaki di kawasan itu.

"Nggak ada bangunan khusus, ini kan daerah di siang hari cukup terik. Jadi nanti akan dibuatkan semacam tempat-tempat yang bisa lebih teduh," kata dia di Balai Kota, Kamis (7/12/2017).

Namun, mantan Mendikbud itu masih enggan memocorkan konsep penataan kawasan Tanah Abang secara gamblang. Anies hanya menyebut ada beberapa tempat yang akan dibangun sebagai bagian dari penataan. Dia juga menyebut tak melakukan pengumuman penataan kepada publik sebelum selesai.

"Sebenarnya bukan soal diumumkan, tapi ada beberapa yang harus dibangun di situ. Setelah selesai itu sekaligus kita tunjukkan apa yang dilakukan di tempat itu," ujar dia.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Yani Wahyu sebelumnya mengatakan, trotoar di kawasan Tanah Abang pasti akan dibersihkan dari para pedagang kaki lima (PKL). Trotoar harus dipastikan steril dan diperuntukkan sepenuhnya bagi pejalan kaki.
"Pertama trotoar harus bersih, harus dikembalikan fungsinya, harus ditata di tempat yang ditentukan," kata dia, Senin (4/12).

Yani mengatakan, penataan itu akan dilakukan dalam waktu dekat. Dia menyebut, penataan akan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari moda transportasi yang ada di kawasan Tanah Abang, PKL hingga pejalan kaki di kawasan tersebut.

"Pak Wagub (Sandiaga) kan sudah katakan bahwa dalam waktu dekat, Desember ini akan diumumkan penataan jangka pendek oleh Bapak Gubernur," ujar dia.

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan, pembahasan tentang penataan Tanah Abang sudah mencapai titik final.

"Insya Allah kemarin sudah final. Mungkin minggu-minggu ini bisa diumumkan sama Pak Anies. Pak Anies yang akan mengumumkan," katanya.(yn)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Tidak ada Poling untuk saat ini