TSJatim
Oleh M Anwar pada hari Senin, 11 Des 2017 - 10:39:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Malang Tumbuh Jadi Kota Ekonomi Kreatif, Begini Penjelasan Walikota M Anton

62IMG-20171211-WA0000.jpg
Wali kota Malang Mochamad Anton, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan Dirut LLP-KUKM smesco INDONESIA Emilia Suhaimi saat acara Malang Business Forum Festival yang berlangsung di Gedung smesco Indonesia, Sabtu (9/12/2017) (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Perkembangan ekonomi di Malang, kian pesat. Bahkan, Kota Apel tersebut dinilai menjadi kekuatan ekonomi kreatif baru. Keunggulan tersebut dipaparkan Wali kota Malang Mochamad Anton di sela-sela Malang Business Forum Festival yang berlangsung di Gedung smesco Indonesia, Sabtu (9/12/2017).

Anton menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Malang dilakukan dengan berbagai strategi. Salah satunya, membangun ekonomi kreatif Kota Malang.

’’Kita membangun sinergi yang melibatkan empat elemen. Di antaranya pemerintah, pengusaha, akademisi, dan masyarakat ekonomi kreatif. Langkah itu bakal melahirkan unit-unit usaha di Kota Malang, yang bergerak secara linier,’’ kata Anton.

Anton mengakui, dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang, pihaknya mengacu kepada program reformasi total koperasi yang digulirkan Kementerian Koperasi dan UKM. Hasilnya, angka kemiskinan di Kota Malang turun dari 5,90 % menjadi 4,60 %. Begitu juga dengan tingkat pengangguran menurun dari 43% menjadi 29,60%. Bahkan, pertumbuhan ekonomi Kota Malang yang terbesar di Jawa Timur sebesar 5,61%.

Menurut Anton, untuk meningkatkan ekonomi kreatif tersebut, kalangan generasi muda harus segera mengubah pandangan dari job seeker menjadi job maker dan job creator. ’’Kita memiliki potensi bonus demografi yang amat strategis dan positif. Tapi, potensi itu bisa menjadi negatif bila tidak dikelola dengan baik,’’ kata Anton.

Jadi, untuk mewujudkan itu, lanjut Anton, butuh peran para pengusaha untuk membangun iklim kondusif bagi pengembangan kewirausahaan di Kota Malang. Tak hanya itu, dalam berbagai usaha pembangunan, Kota Malang pun kini mendapat julukan baru. Di antaranya, bisa mewujudkan sebagai Malang Kota Star-Up, Kampung Tematik, Kampung Warna-Warni, Kampung Gerabah, Celaket Kampung Sinau Budaya, serta Kampung Keramat.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengapresiasi kinerja Kota Malang yang mampu mengembangkan ekonomi digital dan ekonomi kerakyatan di wilayahnya. ’’Peran pemerintah adalah memberikan kemudahan dalam pembiayaan, yaitu KUR dengan bunga 9% serta fasilitasi hak cipta dan merek secara online dan gratis,’’ ucap Puspayoga.

Dirut LLP-KUKM smesco INDONESIA Emilia Suhaimi menjelaskan, pelaksanaan Malang Business Forum Festival memang spesial. Selain digelar di gedung smesco INDONESIA, acara tersebut juga dikolaborasi dengan acara Smesco Award. Hadir juga para pengusaha dan pelaku UMKM asli dari Malang. Hal tersebut menambah semangat para pengusaha lainnya untuk memberikan inspirasi antar pelaku UMKM.

Emilia menambahkan, UKM memang terus tumbuh dengan berbagai karya inovatif dan mampu meningkatkan angkatan kerja. Namun, faktor modal dan pemasaran masih sering dikeluhkan sebagai kendala utama. "Karena itu, smesco INDONESIA sebagai rumah bagi UKM Kreatif berupaya memberikan bantuan dan bimbingan kepada UKM dari segi pemasaran, packaging, maupun solusi permodalan,’’ papar dia.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...