Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 13 Des 2017 - 09:46:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Andalkan Pompa, Anis Janji Dukuh Atas Tak Terjadi Banjir Lagi

473509933821.jpg
Gubernur Anies Baswedan tinjau rumah pompa (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Banjir yang merendam wilayah Dukuh Atas, Jakarta Pusat bakal tidak terjadi lagi. Pasalnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan sudah menyiagakan sejumlah pompa di Rumah Pompa Dukuh Atas, Selasa (12/12) malam.

Anies menjelaskan, kejadian kemarin terjadi karena ada gangguan di panel yang digunakan untuk mengendalikan pompa. Selain itu juga, ada gangguan di beberapa pompa yang ada di Rumah Pompa Dukuh Atas. "Tidak hanya panel, karena saat panel dibereskan, langsung jalan semua pompanya," ucap Anies.

Kepala Dinas Bina Marga Yusmada, di kesempatan yang sama, menjelaskan lebih detail terkait masalah yang terjadi. Ia mengatakan, memang ada gangguan di panel. Lalu, ada tiga dari enam pipa yang tidak berfungsi. Hal ini yang mengganggu proses pemindahan air dari underpass Dukuh Atas ke kali Ciliwung. "Rusaknya bisa saja terjadi karena panel, karena sampah. Saat itu hanya tiga pompa yang beroperasi, terjadilah kondisi kemarin," Yusmada menjelaskan.

Yusmada berucap, tim Rumah Pompa Dukuh Atas langsung melakukan aksi cepat tanggap kemarin. Mereka memperbaiki satu dari tiga pompa yang rusak. Pompa tersebut akhirnya dapat mengeringkan underpass Dukuh Atas. Setelah underpass Dukuh Atas tak terendam lagi sejak pukul 19.00 WIB, tim Rumah Pompa Dukuh Atas mulai memperbaiki panel. Perbaikan bisa diselesaikan pada pukul dua dini hari.

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta, melalui Dinas Bina Marga, sudah menyiapkan langkah untuk mencegah hal serupa tak terulang kembali. Anies sudah memerintahkan pengecekan ulang 150 rumah pompa yang ada di Jakarta agar berfungsi dengan normal. Saat ini ada tiga belas rumah pompa yang sedang dalam tahap perbaikan. "Semua tempat-tempat yang sekarang disebut sebagai rumah pompa itu dicek semuanya, ada beberapa yang pompanya memang tidak aktif, sedang dalam perbaikan," kata Anies.

Selain itu, kata Anies, sudah disiapkan pompa bergerak (mobile) untuk rencana cadangan. Pompa bergerak akan ditempatkan di daerah-daerah rawan banjir dan rumah pompa yang sedang dalam perbaikan. Ada 150 pompa bergerak yang sudah disiapkan Pemprov DKI Jakarta. "Kalau kita tak siapkan respons cepat, akan muncul kejadian seperti kemarin lagi. Insya Allah semua akan baik baik saja," jamin Anies. (aim)

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...