Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 14 Des 2017 - 08:09:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Kompak, 57 Negara Anggota OKI Akui Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

44Negara-Anggota-OKI.jpg
Para pemimpin negara anggota OKI menghadiri pertemuan luar biasa OKI di Istanbul, Turki, Rabu (13/12/2017) (Sumber foto : Istimewa)

ISTANBUL (TEROPONGSENAYAN)--Merespons sikap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, sebanyak 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mendeklarasikan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota negara Palestina.

Dalam pertemuan puncak luar biasa OKI, mereka juga mengajak negara-negara lain untuk mengikuti deklarasi tersebut.

"Kami menyatakan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Negara Palestina dan mengundang semua negara untuk mengakui Negara Palestina dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," menurut pernyataan resmi usai pertemuan puncak luar biasa tersebut di Istanbul, Turki, dikutip Turkish Minute, Rabu (13/12/2017).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang juga menjadi presiden OKI saat ini, mengecam keputusan Amerika yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan juga tindakan pemerintah Israel.

"Yerusalem akan selalu menjadi Ibu Kota Palestina. Saya menyatakan sekali lagi bahwa Yerusalem adalah garis merah kami. Haram al-Sharif, dengan 144 hektar tanahnya, Masjid Al-Aqsa dan Kubbet ul-Sahra, selamanya akan menjadi milik umat Islam," kata dia.

Setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa dia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember, beberapa negara anggota OKI termasuk Turki mengecam keputusan tersebut. dan juga meminta OKI untuk mengadakan sebuah pertemuan luar biasa di Istanbul untuk menyampaikan sebuah reaksi bersama.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Iran Hassan Rouhani, Emir Qatar Al Thani, dan Raja Yordania Abdullah II adalah salah satu pemimpin paling menonjol yang hadir di konferensi tingkat tinggi tersebut. sedangkan Arab Saudi hanya diwakili oleh menteri urusan Islam negara tersebut.(yn)

tag: #donald-trump  #israel  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...