TSSumut
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 14 Des 2017 - 20:18:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei, Elektabilitas Efendi Simbolon Teratas di Pilgub Sumut

49(PDIP)EfendiI.jpg
Effendi MS Simbolon (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia Network Election Survei (INES) meneliti beberapa nama yang akan mengikuti pilgub Sumatera Utara 2018.

Hasilnya, nama Effendi MS Simbolon menduduki peringkat tertinggi perihal elektabilitas dibandingkan yang lainnya.

“Sebanyak 22,3 persen responden memilih Effendi MS Simbolon. Sedangkan petahana Tengku Erry Nuradi hanya mendapat 7,60 persen, Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 11,20 persen , Tifatul Sembiring 6,40 persen , Gus Irawan Pasaribu 8,80 persen, Maruarar Sirait 5,4 persen, JR Saragih 6,4 persen dan Ngogesa Sitepu 5,2 persen. Sementara yang mengaku tidak memilih sebanyak 26,7 persen,” ujar Direktur Eksekutive INES, Chaerudin Affan, Kamis (14/12/2017).

Survei jajak pendapat ini dimulai sejak 24 November sampai dengan 3 Desember 2017 di 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, dengan melibatkan 1.816 responden dari total DPT Pilkada Sumatera Utara yang sebanyak 10.194.368 pemilih yang tersebar secara proposional sesuai jumlah DPT disetiap 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Untuk tingkat kepercayaan hasil survei sebanyak 95 persen dan margin of error +/- 2.3 persen.

“Jajak pendapat kali ini, kami menggunakan metode multistage random sampling. Survei dilakukan dengan melakukan wawancara dan pengisian kusioner," ujar Chaerudin.

Sementara itu, menurut Pengamat Politik Haris Rusli, tingkat elektabilitas petahana yang sangat rendah dalam survei ini mencerminkan kalau masyarakat Sumatera Utara tidak ingin dipimpin petahana.

"Sedangkan Edy Rahmayadi dengan elektabilitas 13,9 persen masih sangat besar peluangnya untuk mengejar tingkat elektabilitas dengan kerja tim yang solid. Kemudian, Gus Irawan juga punya kans besar untuk terus meningkat tingkat elektabilitasnya," tandansya.

Hal serupa juga diungkapkan tokoh Gusdurian Adi Masardi. "Effendi Simbolon memang tokoh yang di inginkan oleh warga sumatera utara untuk memimpin Sumatera Utara," ujarnya.

"Jika Efendi simbolon dipasangkan dengan Gus Irawan, maka pasangan ini Akan mudah memenangkan Pilgub Sumut," pungkasnya. (icl)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSSumut Lainnya
TSSumut

Menang Pilgub Sumut, Edy-Musa Raup 3,2 Juta Suara

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 09 Jul 2018
MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Sumatera Utara 2018. Hal itu berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi ...
TSSumut

Keok di Pilgub Sumut, Sihar Sitorus Pamit Pulang ke Jakarta

MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Sihar Sitorus mengaku sudah `legowo` dengan hasil Pemilihan Gubernur Sumut 2018. Berdasarkan hasil sementara pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul."Saya dan keluarga ...