Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 15 Des 2017 - 21:26:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Ingin Maksimalkan Areal Pantai Utara untuk Kepentingan Publik

88IMG_0871.JPG
Anies Baswedan (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, areal pantai di Jakarta Utara harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan publik.

"Kita harus menyadari, Jakarta adalah ibu kota yang sangat strategis sehingga apa pun yang kita lakukan di pesisir pantai itu akan punya efek pada keamanan nasional, akan punya efek kepada stabilitas ekonomi, stabilitas politik," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Anies menjelaskan, menata pantai di Jakarta berbeda dengan sekadar menata kawasan pantai yang tidak ada pusat pemerintahan, dan pusat perekonomian.

"Ini pusat perekonomian Indonesia yang bisa dibilang sekarang ini Asia Tenggara pusatnya di kita. Karena itu, apa pun yang kita lakukan di tempat ini akan punya konsekuensi yang sangat besar," kata Anies.

Anies mengatakan, ini bukan sekadar menata sebuah tempat yang tidak ada konteksnya. Ia mengatakan, akan memastikan bahwa di dalam rancangan yang akan disusun, memperhitungkan bukan hanya Jakarta tapi Ibu Kota.

"Nilai strategisnya berbeda sekali antara sebuah kota dengan sebuah ibu kota, jadi pertimbangannya akan lebih banyak lagi," kata Anies.

Menanggapi dampak dari banjir rob dan penderitaan nelayan selama hampir tiga tahun di wilayah Jakarta Utara karena ada reklamasi, ia mengatakan, "Banjir rob itu muncul makin hari makin tinggi bisa dibayangkan di satu sisi robnya tinggi, di sisi lain aliran air karena curah hujan itu tinggi. Ketemu tuh. Dan di situ artinya penderitaan bagi rakyat yang berada di sekitar pesisir pantai," kata Anies.

Hal tersebut terkait dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabut dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait reklamasi yaitu Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (RTRKS Pantura) Jakarta dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil (RZWP3K).

"Itu sebabnya, raperda yang akan kami susun adalah raperda yang harus memihak kepada mereka yang hari ini justru tersingkirkan," kata Anies. (Ant/Icl)

tag: #anies-baswedan  #aniessandi  #dki-jakarta  #reklamasi  #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...