Lampung
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 17 Des 2017 - 18:49:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Resmikan Kampung Ternak, Ini Target Bupati Lampung Tengah

7720171215bupati_mustafa_dan_kampung_ternak.jpg
Bupati Lampung Tengah Mustafa saat meninjau kampung ternak di Kampung Dono Arum Kecamatan Seputih Agung, Kamis, (14/12/2017) (Sumber foto : Istimewa )

BANDARLAMPUNG (TEROPONGSENAYAN)--Bupati Lampung Tengah Mustafa meresmikan kampung ternak. Melalui langkah ini dia menargetkan daerahnya bisa menjadi lumbung daging guna memenuhi kebutuhan lokal maupun mendukung keperluan nasional.

Dengan populasi peternakan mencapai 450 ribu, ia optimistis Lampung Tengah, Provinsi Lampung bisa memenuhi target tersebut. Terlebih saat ini tengah digencarkan pencanangan kampung ternak di seluruh kampung di kabupaten setempat.

"Dengan program ini memungkinkan penambahan produksi sapi hingga tiga ribuan ekor setiap tahunnya," kata dia dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Kamis (14/12/2017) malam.

Ia menjelaskan, pihaknya telah meresmikan kampung ternak di Kampung Dono Arum Kecamatan Seputih Agung.

"Dari program kampung ternak ini, masing-masing kampung mendapatkan bantuan 5 hingga 10 ekor sapi untuk dikembangkan. Dengan total 311 kampung, ini memungkinkan penambahan 3 ribuan ekor sapi di Lampung Tengah. Jika ini terus dikembangkan tentunya memungkinkan produksi yang lebih besar," kata dia.

Tak hanya itu, melalui program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), Pemkab Lampung Tengah menargetkan 60 ribu sapi bunting. Ditangani 130 petugas inseminator, hingga saat ini telah terealisasi melebihi target yakni 80 ribu ekor sapi bunting.

"Harga daging sapi terus naik. Indonesia masih kurang stok daging sampai akhirnya impor. Jika peternak kita digerakkan lebih massif, saya percaya kebutuhan daging dapat terpenuhi. Selain itu pengangguran di Lamteng akan berkurang dan kemandirian ekonomi akan tercipta," kata Mustafa.

Sebagai kabupaten terluas dan dikenal dengan sektor pertaniannya, Mustafa menilai Lampung Tengah memiliki potensi yang sangat baik untuk budi daya ternak sapi. Ia bahkan optimistis Lampung Tengah bisa menjadi lumbung daging yang mampu memenuhi kebutuhan daging secara nasional.

"Lampung Tengah memiliki SDM-SDM yang mumpuni di sektor peternakan. Kita juga mempunyai lahan pertanian yang luas, sehingga kebutuhan pakan ternak Insya Allah terpenuhi. Jika ini kita kembangkan, mereka kita latih dan bina, saya percaya Lampung Tengah bisa jadi lumbung nasional, bahkan tidak menutup kemungkinan ekspor ke luar negeri," katanya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Lampung Tengah Taruna Bifi Koprawi menerangkan, saat ini populasi ternak di Lampung Tengah mencapai 220.453 ekor sapi, 3.082 ekor kerbau, dan 215.480 ekor kambing. Sementara dari target Siwab yakni 60 ribu ekor sapi.

Khusus di Kampung Dono Arum, 90 persen masyarakat merupakan peternak. Total populasi hewan ternak di kampung tersebut yakni 3.593 sapi dan 3.372 kambing .

"Sebagian besar masyarakat Dono Arum adalah petani yang merangkap peternak. Itu kenapa kampung ini menjadi salah satu pilot project program kampung ternak yang digulirkan pak bupati. Selain dari pemerintah, mereka juga akan mendapatkan binaan dari PT. Indo Prima Beef Adijaya," terangnya.

Guna menunjang program swasembada daging dan target lumbung ternak nasional, Pemkab Lampung Tengah juga akan menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan untuk membantu permodalan dan melakukan pembinaan ke peternak-peternak di kampung.

"Perusahaan harus terlibat dalam pengembangan budidaya sapi di Lampung Tengah. Seperti PT. Indo Prima Beef Adijaya, kedepan akan menyusul perusahaan-perusahaan lain. Bisa lewat kerja sama kemitraan atau pendampingan peternak-peternak yang ada. Saya minta perusahaan tidak hanya besar sendiri, tetapi juga bisa memberikan kontribusinya kepada masyarakat," kata bupati.(ant/dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lampung Lainnya
Lampung

Ini Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Terpilih Pemilu 2019

Oleh Fitriani
pada hari Minggu, 05 Mei 2019
BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota ...
Lampung

Lampung Barat Segera Punya Sekolah Kopi Tahun Depan

BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tahun depan mulai membangun sekolah kopi, karena untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional perkopian. Pembangunan sekolah ...