TSJabar
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 19 Des 2017 - 04:57:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat Sarankan Ini ke Emil agar tak Ditinggal Parpol Koalisi

80EMILLAGI.jpg
Ridwan Kamil (Sumber foto : istimewa)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) - Pakar politik dan pemerintahan dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Firman Manan, memberikan beberapa opsi agar Ridwan Kamil tidak ditinggalkan oleh partai pendukungnya.

"Pertama, dari sejumlah calon wakil gubernur yang disodorkan, Emil harus objektif dengan memilih sosok yang benar-benar memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi," ujar Firman usai menjadi pembicara saat pemaparan hasil survei Pemilu Gubernur Jawa Barat yang dilakukan Instrat, di Bandung, Jawa Barat, Senin (18/12/2017).

Kedua, apabila Emil nantinya terpilih sebagai gubernur yang baru, ia harus memberi insentif kepada partai pengusung terutama yang kadernya tidak dipilih sebagai wakil gubernur. "Dicari bentuk-bentuk insentif lainnya," kata dia.

Insentif yang dapat diberikan kepada partai pengusung itu bisa dengan bermusyawarah seperti dalam pengaturan koalisi di pemilu bupati/wali kota. Dengan begitu, NasDem, PKB, dan PPP yang mengusung Emil bisa kembali berkoalisi di pemilu bupati/wali kota untuk membagi kandidat-kandidat yang akan disusun.

PKB mengancam akan meninggalkan Emil jika wali kota Bandung itu tidak memenuhi komitmenya untuk memilih cawagub berdasarkan hasil musyawarah partai pendukung. Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi, menyebut kesepakatan tersebut merupakan bagian komitmen bersama antara partai pendukung dan Ridwan Kamil.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebelumnya akan memutuskan nama pendampingnya dengan meminta masukan terlebih dahulu kepada tokoh-tokoh Jawa Barat. Setelah mendapatkan masukan, Emil rencananya akan mengumumkan siapa sosok yang dianggap pas sebagai Cawagub pada Rabu (20/12) nanti. (Ant/icl)

tag: #pilkada-jabar-2018  #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...