Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 21 Des 2017 - 06:19:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkeu Akui Pertumbuhan Ekomoni tak Capai Target 5,2 Persen

72smi.jpg
Sri Mulyani Indrawati (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada akhir 2017 berada pada kisaran 5,05 persen atau di bawah asumsi dalam APBNP sebesar 5,2 persen.

"Sampai akhir tahun diperkirakan pertumbuhan ekonomi keseluruhan 2017 sebesar 5,05 persen," ujar Sri Mulyani dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Sri Mulyani mengatakan perkiraan angka realisasi tersebut sudah mempertimbangkan pencapaian ekonomi pada kuartal IV-2017 yang tumbuh pada kisaran 5,15 persen-5,17 persen.

"Triwulan empat mungkin lebih tinggi, mendekati 5,1 persen," ujar mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini.

Sri Mulyani menjelaskan seluruh komponen pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2017 akan tumbuh positif dan memberikan sumbangan menjelang akhir tahun. "Kita perkirakan dorongan investasi dan ekspor masih tinggi. Konsumsi masyarakat dan sebagian belanja pemerintah juga terkonsentrasi di triwulan empat," katanya.

Ia mengharapkan momentum perbaikan kinerja perekonomian pada akhir 2017 ini bisa menjadi bekal peningkatan kegiatan di 2018, terutama dari investasi maupun ekspor.

"Tahun depan, kita memperkirakan adanya momentum ekspor yang terjaga dan investasi yang meningkat dan tumbuh sepanjang tahun diatas enam atau tujuh persen," ujarnya.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2017 tercatat sebesar 5,06 persen, sehingga secara akumulatif pertumbuhan ekonomi masih berada dalam kisaran 5,03 persen. Untuk pertumbuhan ekonomi pada 2018, pemerintah menetapkan asumsi dalam APBN sebesar 5,4 persen. (Ant/icl)

tag: #kementerian-keuangan  #pertumbuhan-ekonomi-indonesia  #sri-mulyani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...