Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 31 Des 2017 - 12:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Alur Pendaftaran Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2018 Kemenhub

15mudik gratis.jpg
Mudik gratis untuk libur Natal dan Tahun Baru dari Kemenhub 2018. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) pertama kali menggelar mudik gratis pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2018 bagi masyarakat Jabodetabek. Mudik gratis ini digelar untuk menekan kemacetan yang timbul saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2018. Selain itu, mudik gratis ini juga diharap dapat menurunkan potensi kecelakaan pemudik yang menggunakan transportasi roda dua.

Terdapat tiga kota tujuan dalam mudik gratis ini, yakni Semarang, Solo, dan Yogyakarta, yang diberangkatkan serentak dari Taman Impian Jaya Ancol.

Namun bagaimanakah mekanisme pendaftaran mudik gratis tersebut?

Masyarakat yang ingin mendapatkan mudik gratis pertama kali wajib mendaftar secaraonlinemelalui situsmudikgratis.dephub.go.id. Masa pendaftaran dimulai dari 11 Desember 2017 - 20 Desember Hingga 2017. Setelah mendaftar, masyarakat akan mendapatkan pemberitahuan dari Kemenhub untuk melakukan verifikasi di kantor yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Saat verifikasi, masyarakat harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Surat yang dibawa merupakan surat asli beserta fotokopi yang masing-masing satu lembar.Pelaksanaan verikasi ini paling lambat dua hari setelah pendaftaran secaraonlinedengan jam verifikasi mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Jika masyarakat tidak melakukan verifikasi maka otomatis sistem akan membatalkan pendaftaran tersebut.Setelah diverifikasi dan lolos, masyarakat akan mendapatkan lembar konfirmasi dan tanda masuk ke lokasi pemberangkatan di Ancol.Direktur Angkutan dan Multimoda, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Cucu Mulyana mengatakan, rencananya mudik gratis tersebut akan diberangkatkan pada Sabtu (23/12/2017) mendatang.

"Akan kita berangkatkan dari Taman Impian Jaya Ancol kurang lebih pukul 09.00 WIB tanggal 23 Desember mendatang. Masyarakat dipersilakan memanfaatkan mudik gratis ini," ucap Cucu.

Total akan ada 50 bus yang disiapkan oleh Kemenhub dan Jasa Raharja dengan kuota penumpang atau pemudik sebanyak 2.500 orang. (aim)

tag: #liburan-natal  #mudik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...