CSR Pertamina
Pujian Turis Mancanegara Untuk Souvenir Sungai Wain
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 30 Des 2017 - 19:15:24 WIB

Bagikan Berita ini :

1IMG-20171230-WA0004.jpg
Sumber foto : Istimewa
Mino Capezzera salah satu turis asal Italy saat mengunjungi desa wisata sungai Wain, Balikpapan

BALIKPAPAN (TEROPONGSENAYAN)– Singgah ke Balikpapan, jangan lupa kunjungi desa wisata Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) di Km 15 Balikpapan. Disana selain menikmati keindahan alam, dan keaneragaman hayati, pengunjung juga dapat membeli souvenir unik khas Sungai Wain untuk oleh-oleh bagi orang tercinta di rumah.

Souvenir berupa ukiran kayu, ukiran batok kelapa dan anyaman rotan menarik yang dibuat dari kayu limbah ini merupakan inisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina yang menggandeng warga Desa Wisata Sungai Wain.

Pertamina bukan tanpa alasan memilih Desa Sungai Wain. Warga Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara ini masuk dalam kawasan ring I wilayah aset milik Pertamina Refinery Unit V di kawasan Sungai Wain, yakni, keberadaan Reservoir Sei Wain. Program ini menjadi wujud tanggung jawab sosial Pertamina bagi warga yang tinggal di sekitar aset pendukung operasinya.

Agusdin, Penggerak Kelompok Perajin Desa Sungai Wain yang juga aktivis lingkungan, mengatakan awalnya warga di sana memiliki beragam mata pencaharian, namun pekerjaannya masih tidak tetap dan seringkali mengisi waktu senggang mereka untuk membuat kerajinan tangan. 

“Total warga di sini sebanyak 476 orang dan 138 kepala keluarga. Beberapa masih memiliki pekerjaannya tidak tetap dan sering mengisi waktu senggang mereka untuk membuat kerajinan, seperti atap dari daun nipah-nipah, maupun rajutan dan anyaman rotan” ujarnya. 

Kelompok pengrajin kampung Sungai Wain diinisasi sejak tahun 2015 melalui program CSR yang mengarah pada kegiatan pelatihan souvenir asli Balikpapan dan memfokuskan kerajinan dengan bahan dasar batok kelapa, ukiran kayu dan anyaman rotan. Tahapan program yang dilakukan dimulai sejak Maret 2015 (tahap I) hingga Mei 2017 (tahap II), warga Desa Sungai Wain mengikuti pendampingan dan pelatihan pembuatan souvenir asli Balikpapan. 

Rebu salah satu pengrajin yang sedang membuat kerajinan foto dari kayu limbah mengatakan mendapatkan ketrampilan pembuatan souvenir melalui pelatihan pembuatan souvenir tahap 1 yang dilakukan di Jogjakarta pada 19 sampai 25 Maret 2015.

“Saat itu kami diberikan pengetahuan teknik dasar pembuatan souvenir berbahan dasar batok kelapa, adalah membuat motif souvenir yang berhubungan dengan kultur Kaltim atau Balikpapan,” kata Rebu.

Beberapa sampel motif yang berhasil dibuat oleh Kelompok pengrajin kampung Sungai Wain seperti Mandau, Tameng Dayak, Burung Enggang, Beruang Madu, Obor Kilang Pertamina. Peruntukan souvenir itu ada yang untuk gantungan kunci, hiasan meja hingga tempelan dinding. Bahkan keunikan souvenir khas sungai Wain ini telah berhasil memikat turis manca negara untuk membeli produk ini.

Mino Capezzera salah satu turis mancanegara asal Italy yang mengunjungi desa wisata sungai Wain tertarik membeli beberapa souvenir karena keunikan dan nilai kepedulian lingkungan melalui penggunaan bahan kayu limbah dan batok kelapa untuk dijadikan kerajinan tangan.

“Saya datang ke desa wisata Sungai Wain selama lima hari untuk menikmati keindahan alam dan pulang dengan membawa buah tangan yang dibuat dari bahan olaha limbah ini, thats paradise” ungkapnya. 

Dengan adanya program ini, dampak positifnya tidak hanya diterima oleh warga binaan, tapi juga dari sisi pemerintah, swasta atau stakeholder serta PT. Pertamina sendiri sebagai inisiator. 

Selain kelestarian alam, kini Desa Wisata Sungai Wain mempunyai souvenir yang unik dan mempunyai nilai jual yang baik. Dengan adanya Kelompok pengrajin souvenir Sungai Wain bisa ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. 

“Kami berterima kasih dan bersyukur dengan adanya kegiatan Pertamina ini. Setidaknya dua manfaat kami peroleh, warga semakin kompak dan produktif, serta ada tambahan ekonomi yang bisa dihasilkan melalui kerjasama,” tutup Agusdin.(dia)

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Tidak ada Poling untuk saat ini