TSJatim
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 07 Jan 2018 - 15:31:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Pembangunan Tol Ngawi-Kertosono Capai 99 Persen

21ngwi.jpg
Tol Ngawi Kertosono (Sumber foto : Istimewa)

MADIUN (TEROPONGSENAYAN) - Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) Iwan Moedyarno menyatakan pembangunan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,8 kilometer yang melintasi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Ngawi, Madiun, dan Nganjuk, telah mencapai 99 persen.

"Pembangunannya sudah sekitar 99 persen. Ditargetkan akhir Januari ini sudah selesai," ujar Iwan Moedyarno kepada wartawan di sela kegiatan Festival Jalan Tol (FJT) "Sundown Loop" di Gerbang Tol (GT) Madiun, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Sabtu (6/1/2018) petang.

Menurut dia, dengan pengerjaan yang telah mencapai 99 persen tersebut, pembangunan badan jalan telah selesai semuanya.

"Untuk badan jalan sudah selesai. Pengerjaan kurang tinggal mempercantik dan pengamanan saja," kata Iwan lebih lanjut.

Adapun sejumlah kekurangan yang belum dilengkapi di antaranya, pemasangan marka jalan, gerbang tol, peralataan tol, dan kelengkapan rambu-rambu lalu lintas. Ia menambahkan, karena telah mencapai 99 persen pengerjaan, pihaknya menyatakan siap jika sewaktu-waktu Tol Ngawi-Kertosono akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga hadir dalam kegiatan tersebut membenarkan Presiden Joko Widodo dijadwalkan segera meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono tersebut. "Segera, akan dilaporkan kepada Presiden Jokowi dan disesuaikan dengan jadwal beliau untuk segera diresmikan," kata Menteri Basuki.

Seperti diketahui, ruas Tol Ngawi-Kertosono merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi-Kertosono yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang harus tuntas sampai akhir tahun ini. Tol ini dibangun oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (PT NKJ), selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Total panjang jalan Tol Ngawi-Kertosono 87,5 km dan dari ruas ini sepanjang 49,8 km dikerjakan oleh PT NKJ dengan nilai investasi Rp3,83 triliun untuk ruas Mantingan, Ngawi-Wilangan, Nganjuk. Sisanya yakni ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 37 kilometer dikerjakan pemerintah.

"Untuk tarifnya, direcanakan per kilometer sekitar Rp1.200-1.300 untuk golongan satu. Tinggal dikalikan saja dengan panjang 49 kilometer," kata dia.

Adapun, kegiatan Festival Jalan Tol (FJT) "Sundown Loop" bertujuan sebagai ajang perkenalan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,8 km kepada masyarakat. Dalam kegiatan tersebut terdapat lomba "fun bike", "loop cycling", dan "fun walk", panggung hiburan rakyat, dan ditutup dengan pesta kembang api pada Sabtu malam.

Selain dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, kegiatan tersebut juga dihadiri Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani, pejabat sejumlah BUMN pendukung, dan anggota Forkompimda Kabupaten Madiun dan Kota Madiun. (Ant/icl)

tag: #jatim  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...