Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 08 Jan 2018 - 12:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jadi Cawagub, Polri Tunggu Pengunduran Diri Anto Charliyan

842151421IMG-20161223-WA0005780x390.jpg
Mantan kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan resmi mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai calon wakil gubernur dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Polri pun menyatakan telah mengetahui kabar tersebut dan mempersilakan Anton Charliyan untuk nantinya melakukan proses pengunduran dirinya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, Polri saat ini menunggu proses pengunduran diri personelnya yang resmi mencalonkan diri di Pilkada. Tentunya hal ini dapat diproses setelah para calon resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada 12 Februari 2018.

"Yang jelas Kapolri sudah me-nonjob-kan, sambil menunggu proses pengunduran diri," kata Iqbal. Iqbal menyatakan, Polri sendiri telah melakukan mutasi internal yang salah satu alasannya adalah karena adanya personel yang memilih mencalonkan diri di Pilkada.

Sehingga, Polri melakukan rotasi jabatan di dalam struktural internalnya, agar dapat berfokus pada proses pencalonan dirinya. Anton Charliyan, posisinya digeser dari Wakil Kepala Lembaga Diklat Polri ditarik ke Mabes sebagai analis utama bidang Sespimti Lemdiklat Polri.

"Mutasi dari jabatan sebelumnya itu unutk menjelang proses pengunduran diri," ujarnya.

Saat ini, proses pengunduran diri juga masih menunggu batas penetapan KPU pada Februari mendatang. "Kalau misalnya terlalu cepat mengundurkan diri, KPU dengan verifikasinya dengan regulasinya belum dapat menetapkan, kasihan dong," ucapnya.

Untuk diketahui, selain Anton, sejumlah perwira juga dirotasi menjelang pencalonan di pemilihan kepala daerah. Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin yang maju dalam Pilgub Kaltim dimutasi sebagai Perwira Tinggi (Pati) di Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri dalam rangka persiapan pensiun.

Kemudian, Komandan Korps Brimob Mabes Polri (Dankorbrimob) Irjen Pol Murad Ismail yang sudah mendapat beberapa rekomendasi dukungan Parpol untuk Pilgub Maluku yang dirotasi sebagai analis kebijakan utama bidang brigade mobil Mabes Polri.

Selain itu, seorang perwira menengah juga mengikuti Calon Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, yakni AKBP Marselis Sarimin. Dalam telegram yang sama, 113 personel Polri dari tingkat Jenderal hingga perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar (AKBP) mengalami mutasi. (aim)

tag: #jabar  #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...