Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 10 Jan 2018 - 14:24:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Kunjungan Wisatawan ke Belitung Meningkat

84belitong.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BELITUNG (TEROPONGSENAYAN) - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang 2017 mencapai 250.326 orang atau meningkat sebesar 7,4 persen dibanding pada 2016 sebanyak 232.871 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Helly Candra dalam siaran pers, Rabu (10/1/2018), mengatakan jumlah kunjungan wisatawan tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari agen wisata dan perjalanan juga dari tingkat hunian hotel, destinasi wisata dan kunjungan ke Kantor Disbudpar.

Helly mengklaim setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu terus meningkat karena pemerintah daerah mulai fokus mengembangkan sektor kepariwisataan, terutama membenahi sejumlah objek wisata yang menjadi destinasi.

"Pada 2018 kami akan memfokuskan pengembangan desa wisata dan wisata alam yang ada di daerah ini. Setidaknya ada lima desa yang akan jadi sasaran, Desa Burung Mandi, Desa Buku Limau, Desa Lalang, Desa Lenggang dan Desa Senyubuk," jelasnya.

Ia mengatakan, lima desa tersebut merupakan desa yang mempunyai objek wisata unggulan dan dalam pengembangannya akan melibatkan masyarakat dan aparatur desa untuk menyiapkan home stay dan wisata alam yang ada.

Untuk pengembangan desa wisata khususnya home stay tersebut, kata dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah memberikan bantuan pengembangan berupa selimut, handuk, hordeng serta kelengkapan lainnya. Sementara Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan untuk perbaikan kamar dan toilet home stay.

"Kita membantu pengembangan fasiltas di lima desa ini, pengembangan, promosi di destinasi atau objeknya. Makanya kita minta juga jika berkunjung ke Open Pit atau objek lainnya nanti di-upload ke media sosial," ujar Helly.

"Pada 2018 ini kami jadikan tahun kebangkitan dunia kepariwisataan Kabupaten Belitung Timur, tentu butuh peran aktif masyarakat misalnya dengan bersikap ramah kepada tamu dan mendukung setiap program kepariwisataan yang dijalankan pemerintah daerah," katanya. (icl)

tag: #kementerian-pariwisata  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...