KPU Buka Perpanjangan Pendaftaran Pilkada di 19 Daerah
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 12:05:00 WIB

Bagikan Berita ini :

74komisioner-kpu-ri-ilham-saputra_20170418_181552.jpg
Sumber foto : dok istimewa
Komisioner KPU Ilham Saputra.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan akan ada perpanjangan pendaftaran di 19 daerah yang hanya memiliki bakal pasangan calon (paslon) tunggal di Pilkada 2018. Perpanjangan pendaftaran dilakukan selama tiga hari.

Menurut Ilham, hingga menjelang penutupan pendaftaran Pilkada pada Rabu (10/1/2018) malam, tercatat ada 19 daerah dengan hanya satu bakal paslon kepala daerah. Beberapa di antara daerah dengan calon tunggal ini yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Karanganyar.

"Karena itu, kami akan membuat surat edaran (SE) kepada teman-teman yang daerahnya hanya ada satu bakal paslon kepala daerah," ujar Ilham dalam konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu malam.

Dalam SE tersebut, diatur jeda selama tiga hari sejak penutupan pendaftaran bakal calon kepa daerah Pilkada 2018. Jeda selama tiga hari dilakukan untuk melakukan sosialisasi kembali.

"Kami akan melakukan sosialisasi agar mereka yakni teman-teman bakal paslon yang belum mendapatkan dukungan atau kepada parpol agar bisa mendaftarkan kembali, " lanjutnya.

Adapun masa jeda dan sosialisasi dilakukan pada 11,12 dan 13 Januari. Setelah tiga hari tersebut akan ada perpanjangan waktu pendaftaran sejak 13-16 Januari.

"Pendaftaran kembali dilakukan selama tiga hari itu. Kalau tidak ada tambahan bakal paslon yang mendaftar sampai akhir batas waktu perpanjangan yang ditentukan maka nanti hanya ada satu calon yang mengikuti Pilkada di daerah itu (melawan kotak kosong), " tambahnya.

Sebagaimana diketahui,KPU membuka pendaftaran bakal paslon kepala daerah Pilkada 2018 pada Senin-Rabu (8-10/1/2018). Pendaftaran pada Senin dan Selasa berlangsung sejak pukul 08.00 sampai pukul 16.00 waktu setempat.

Pendaftaran hari terakhir berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 24. 00 waktu setempat. KPU secara resmi sudah menutup pendaftaran bakal paslon kepala daerah Pilkada 2018 pada Rabu malam. (aim)

tag: #kpu  #pilkada-serentak-2018  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING