Ragam
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 12:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Mana yang Lebih Sehat, Air Kelapa atau Isotonik Buatan?

27024267400_1487356683-Banners_Air_Kelapa__Minuman_Isotonik_Alami.jpg
Ilustrasi: air kelapa. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Sekarang ini makin banyak minuman kemasan yang diklaim terbuat dari air kelapa asli. Air kelapa sering disebut sebagai minuman olahraga atau isotonik alami. Untuk mendapatkannya pun tak perlu sampai mencari ke toko khusus kesehatan.

Lalu, manakah yang lebih baik dibawa saat berolahraga, air kelapa atau minuman olahraga buatan pabrik? Lebih baik pelajari dulu perbandinganberikut.

Bila dibanding minuman olahraga buatan, air kelapa lebih sedikit mengandung sodium. Setiap 8 ons air kelapa hanya mengandung 30 miligram sodium sedangkan minuman buatan 110 miligram.

Dari jumlah yang sama, air kelapa mengandung 470 miligram potasium sedangkan minuman buatan hanya 30 miligram. Sebagai perbandingan, dalam satu buah pisang ukuran sedang mengandung 422 miligram potasium.

Potasium sangat baik untuk mengatasi dehidrasi, karena seperti sodium, magnesium, dan kalsium, larutan elektrolit membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium juga baik untuk melancarkan kontraksi otot dan mencegah kram.

Air kelapa juga mengandung gula alami, dan itu yang tidak ada dalam minuman kesehatan buatan. Hanya saja, karena rendahnya kandungan sodium, air kelapa hanya bagus untuk olahraga ringan dan dilakukan kurang dari satu jam. Jika melakukan olahraga berat, lama, serta banyak berkeringat, tubuh sangat membutuhkan sodium untuk menggantikan sodium yang terbuang.

Dalam satu liter keringat terdapat 1.300 miligram sodium sehingga minuman kesehatan buatan dinilai lebih unggul dan cocok untuk ditenggak setelah aktivitas berat. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...