Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 13 Jan 2018 - 12:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemkab Wonogiri Alokasikan Rp 25 Miliar untuk Pendidikan Gratis

75joko-sutopo.jpg
Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Melalui APBD Tahun 2018, Pemkab Wonogiri mengalokasikan dana sebanyak Rp 25 miliar untuk melaksanakan pendidikan gratis. Pelayanan pendidikan gratis, akan diberikan bagi semua siswa SD sampai SMP, baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta, termasuk sekolah berbasis keagamaan seperti MI dan MTs.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, berharap, melalui program pendidikan gratis ini, semua anak usia sekolah, utamanya pada jenjang pendidikan dasar sembilan tahun (SD-SMP), seluruhnya harus bersekolah. Tidak terkecuali anak-anak dari keluarga miskin sekalipun. ''Semua harus bersekolah,'' tegas Bupati.

Program pendidikan gratis ini, tandas Bupati, sebagai upaya untuk merealisasikan kewajiban pendidikan berbasis kesetaraan, tanpa ada dikotomi anak dari keluarga kaya dan miskin. Kepada seluruh instrumen pendidikan di Kabupaten Wonogiri, diseru untuk melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan pendidikan gratis ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri, Siswanto, menyatakan, pendidikan gratis akan diberlakukan mulai awal tahun ajaran baru, yakni mulai Bulan Juni 2018 mendatang. ''Ini mengacu pada tahun pelajaran, bukan tahun fiskal anggaran,'' tegas Siswanto.

Pertimbangan pendidikan gratis dimulai awal tahun pelajaran, karena masing-masing sekolah sebagai satuan pelaksana pendidikan, dapat lebih dulu menuntaskan program tahun ajarannya. Sebab, tambah Siswanto, pelaksanaan tahun ajaran terpilah dalam dua tahun fiskal yang berkesinambungan. Semester gasal berada pada setengah tahun terakhir di Tahun 2017, dan semester genap terjadi di awal Tahun 2018.

Terhitung sampai dengan Bulan Juni 2018, sekolah masih melaksanakan program pelayanan pendidikan pola lama, yakni masih dapat menerima dana sumbangan sukarela dari komite sekolah atau pihak lain yang peduli. Baru ketika nanti mulai Bulan Juli 2018, semua SD dan SMP di Kabupaten Wonogiri, dilarang menerima sumbangan dari komite, dan pelayanan pendidikan diberikan gratis kepada semua anak didik di jenjang pendidikan dasar sembilan tahun.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Wonogiri, Gino, menyatakan, melalui para Kepala Sekolah (Kasek) SMP se Kabupaten Wonogiri, telah diberikan sosialisasi pemahaman tentang program pendidikan gratis yang baru pertamakali akan dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri.

''Semua Kasek SMP di Kabupaten Wonogiri, sudah kami berikan pemahaman untuk melakukan sosialisasi pendidikan gratis ini, ke sekolah masing-masing,'' jelasnya. (aim)

tag: #jateng  #pendidikan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...