Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 16 Jan 2018 - 06:10:42 WIB
Bagikan Berita ini :

NTT Butuh 70 Waduk Tanggulangi Kekurangan Air

31waduk.jpg
Indonesia Corruption Watch (ICW) (Sumber foto : Istimewa)


KUPANG (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur Andre W Koreh mengatakan, wilayah provinsi setempat mengalami defisit air hingga 1,5 miliar kubik per tahun. Dari data yang survei di NTT ketersediaan air mencapai 18 miliar kubik per tahun.

"Tapi kita mengalami defisit sekitar 1,5 miliar kubik setiap tahun," kata Andre W Koreh di Kupang, Senin (15/1/2018).

Ia mengatakan, kebutuhan air di daerah setempat mencapai 10 miliar kubik setiap tahun untuk irigasi maupun air baku namun setiap tahun mengalami defisit sebanyak 1,5 miliar kubik. Untuk mengatasi defisit air itu, katanya, daerah setempat membutuhkan sekitar 70 bendungan atau waduk, 100 embung irigasi, 4.000 embung kecil, dan 3.000 jaringan irigasi air tanah.

"Ini dianggp kalau terbangun semuanya ini maka bisa mengatasi kondisi defisit kita," katanya.

Ia menjelaskan, sementara kondisi infrastruktur sumber daya air yang yang menyebar di provinsi berbasiskan kepulauan itu hanya menampung 58 juta kubik per tahun. "Jumlah itu yang kita tampung dengan infrastruktur yang ada seperti Bendungan Tilong, dan embung atau waduk-waduk yang ada di daerah," katanya.

Andre Koreh mengakui, kondisi infrastruktur sumber daya air di provinsi setempat masih terbatas karena kemampuan fiskal (anggaran) yang masih mengandalkan dukungan dari pemerintah pusat.

"Daerah kita masih belum mampu membiayai seluruh infrastruktur yang ada sehingga memang secara bertahap kita masih menghrapkan alokasi dukungan dari pusat," katanya.

Saat ini, lanjutnya, NTT baru memiliki satu bendungan yaitu Tilong di Kabupaten Kupang dan selanjutnya akan ditambah Bendungan Raknamo di Kabupaten yang sudah selesai diresmikan dan memasuki tahap penggenangan. Selanjuntya, ada pula Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu dan Bendungan Napunggete di Kabupaten Sika yang sementara dalam proses pembangunan.

"Kita berharap pembangunan secara bertahap ini ke depan bisa menjawab kebutuhan masyarakat di daerah ini, tentu peran pemerintah daerah juga sangat diperlukan seperti menyiapkan lahan dan masyarakatnya agar pembangunan infrastruktu bisa masuk," katanya. (Ant/icl)

tag: #kementerian-pupr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...