Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 17 Jan 2018 - 07:45:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Bulog Siapkan Rp3,6 Triliun untuk Impor 500 Ribu Ton Beras

12beraslagiII.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

CIREBON (TEROPONGSENAYAN) - Perum Bulog akan segera mendatangkan beras impor yang diperkirakan akan tiba di Indonesia pada awal Februari mendatang. Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, untuk membeli beras tersebut, Bulog akan menggunakan kas internal perusahaan yang saat ini ada Rp 9,8 triliun.

Dengan posisi kas internal saat ini, Djarot memastikan Bulog memiliki kelonggaran dana. Ia mengestimasi, jika mengacu pada harga beras di pasar internasional dan ditambah dengan komponen biaya lain, harga beras impor sekitar Rp 7.300 per kilogram. Jika membeli sebanyak 500 ribu ton, maka total biayanya sekitar Rp 3,6 triliun.

"Saya cek posisi keuangan kami masih ada kelonggaran untuk impor komoditi itu," ujar Djarot, pada wartawan di Hotel Aston Cirebon, Selasa (16/1/2018).

Bulog sendiri hingga kini belum memutuskan berapa volume beras yang diimpor. Menurut Djarot, 500 ribu ton merupakan batas maksimal volume yang diizinkan pemerintah. Sehingga, ada kemungkinan beras yang diimpor kurang dari jumlah tersebut.

Direktur Komersil Bulog Tri Wahyudi menambahkan, rencananya beras impor akan masuk secara bertahap melalui tiga pelabuhan di daerah non-produsen, yakni Jakarta, Batam dan Medan. "Ini supaya secara psikologis tidak mengganggu petani," kata dia.

Tri juga memastikan, kedatangan 500 ribu ton beras impor itu tidak akan menganggu kegiatan Bulog dalam menyerap gabah dan beras yang dihasilkan petani lokal. Sebab, beras tersebut dibeli untuk memperkuat stok cadangan beras pemerintah, bukan untuk disebar ke pasar. (icl)

tag: #harga-pangan  #impor-beras  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...