Jakarta
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Kamis, 18 Jan 2018 - 17:00:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Dukung Program DP 0 Rupiah, DPRD DKI: Janji Anies-Sandi Tertunaikan

46IMG-20170312-WA042.jpg
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kalangan dewan di Kebon Sirih mendukung program Pemprov DKI yang baru saja meluncurkan rumah DP 0 Rupiah di kawasan Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik menyebut, program tersebut sebagai bentuk keberpihakan Gubernur DKI Anies Baswedan kepada rakyat kecil di Ibu Kota.

"Kami (DPRD) pasti mendukung semua program-program untuk rakyat kecil. Dan ini (DP 0 Rupiah) saya kira bagus. Ini adalah janji Anies-Sandi yang tertunaikan," kata Taufik kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Menurut Taufik, rumah hunian yang terjangkau dan layak merupakan cita-cita semua orang.

"Saya kira tidak alasan untuk tidak mensuport program ini. Kalau berbicara soal rumah bukan sekedar hari ini, karena orang nantinya jadi punya aset‎ yang setiap tahun harganya naik. 10 tahun lagi akan bisa naik berkali-kali lipat itu," katanya.

"Kalau beli rumah setiap tahun harganya pasti naik, beda halnya dengan kalau anda beli motor yang setiap tahun harganya pasti turun terus," ungkap Taufik.

Hanya saja, Taufik meminta agar Pemprov DKI membentuk‎ tim seleksi yang ketat dan berlapirs. "Tim ini harus kuat. Karena mereka nanti yang akan mensurvei kondisi rill warga. Selain tentu soal verifikasi administrasinya," tegas Taufik.

Dia mengingatkan, bahwa tim seleksi tersebut nantinya akan bekerja ekstra berat. Mengingat, jumlah permintaan dari warga dipastikan akan sangat banyak.

"Makanya harus diseleksi ketat, ini penting. Jangan sampai warga yang sudah punya rumah, nanti malah dapat.‎ Karena akan ada ribuan warga yang mendaftar. Nah siapa itu yang akan diprioritaskan duluan dapat? Tentu ini nanti tim yang menyeleksi," pesan Taufik.

Diketahui, Gubernur Anies Baswedan hari ini baru saja mengumumkan harga rumah DP 0 Rupiah di kawasan Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Ada 20 lantai dengan 703 unit, 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Harga per unitnya untuk yang tipe 36 adalah Rp 320 juta, tipe 21 harganya Rp 185 juta," ujar Anies saat menghadiri acara groundbreaking program rumah DP 0 Rupiah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

Ia mengatakan, nantinya rumah ini akan ditujukan untuk warga ber-KTP DKI berpenghasilan di bawah Rp 7 juta/bulan.

Anies bersyukur atas terlaksananya acara groundbreaking program rumah DP 0 rupiah yang pada hari ini, Kamis (18/1/2018) telah terselenggara.

"Kami bersyukur sekali, di bulan Januari ini salah satu janji yang paling diingat oleh warga mulai kita lunasi hari ini," kata Anies.

Anies mengatakan, baginya janji adalah sebuah komitmen yang harus ditunaikan. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya program yang telah ia gaungkan pada masa kampanye Pilkada lalu.

"Makin kita bisa mewujudkan apa yang dijanjikan maka kita akan bisa semakin mendewasakan demokrasi di Indonesia. Hari ini salah satu janji, kami menyebutnya janji bukan program," kata dia.

Menurut dia, sebagai sebuah janji, tak ada alasan baginya untuk mengatakan, "Mohon maaf programnya tidak terlaksana karena A B C D".

"Kami komit dan tidak ingin nanti 4 tahun lagi muncul lagi kontrak politik yang belum dilaksanakan. Malu kalau nanti kami harus pertanggungjawabkannya. Mengapa perlu tanda tangan untuk sesuatu yang tidak dilaksanakan," ujar Anies. (icl)

tag: #aniessandi  #dki-jakarta  #dprd-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...