Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 20 Jan 2018 - 07:48:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Nelayan: Laut Bukan untuk Saat Ini, Kami Tinggalkan bagi Anak Cucu

71trawallagi.jpg
Ilustrasi kapal pengguna trawl (Sumber foto : Istimewa)

BENGKULU (TEROPONGSENAYAN) - Para nelayan tradisional di Kelurahan Malabero, Pondok Besi, Kandang, dan Teluk Sepang, Kota Bengkulu akan merazia kapal yang menggunakan alat tangkap trawl yang masih beroperasi di perairan Bengkulu.

"Nelayan sudah sepakat untuk merazia bila kapal trawl masih beroperasi, karena trawl sudah dilarang beroperasi sejak 1 Januari 2018," kata Ujang Joker, nelayan tradisonal dari Kelurahan Malabero, Kota Bengkulu, Jumat (19/1/2018).

Ia mengatakan keputusan itu diambil dari hasil rapat nelayan tradisional yang digelar pada Kamis (18/1) malam di Masjid Al Istiqomah Kelurahan Malabero. Para nelayan kata Ujang sudah cukup bersabar menyaksikan kapal trawl menghancurkan ekosistem perairan Bengkulu.

Larangan operasi kapal pengguna alat tangkap pukat hela atau trawl sudah diterbitkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada 2015.

"Perlu diingat bahwa trawl dan cantrang berbeda jauh. Yang diperpanjang penggunaannya adalah cantrang, sedangkan trawl terlarang," ucapnya.

"Kami bukan tidak mau menggunakan trawl, tapi masalahnya laut ini bukan untuk dimanfaatkan saat ini saja. Apa yang akan kami tinggalkan bagi anak cucu," ujar Irson, nelayan lainnya.

Terkait tindakan aparat untuk menertibkan trawl, menurut Irson sangat layak dipertanyakan sebab dari pantauan nelayan, kapal-kapal trawl justru bebas beroperasi dengan satu pintu masuk dan keluar di Pelabuhan Pulau Baai. Kondisi ini membuat para nelayan tradisional sepakat untuk merazia kapal trawl yang beroperasi di laut dengan menyita kapal dan alat tangkap lalu menyerahkan anak buah kapal ke polisi. (Ant/icl)

tag: #kementeri-kelautan-dan-perikanan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...