TSJatim
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 20 Jan 2018 - 19:35:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Madura, Puti Cerita Keakraban Soekarno dengan Ulama

34puti.jpg
Puti Guntur Soekarno (kanan) (Sumber foto : Istimewa)

MADURA (TEROPONGSENAYAN) - Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengaku teringat persahabatan kakeknya, Soekarno, dengan para ulama.

"Saya teringat bagaimana kakek (Soekarno) saat itu dengan para kiai dan bersama-sama memikirkan serta memperjuangkan bangsa Indonesia," ujarnya di sela berziarah ke makam Syaichona Cholil di kompleks Masjid Syaichona Cholil, Bangkalan, Madura, Sabtu (20/1/2018).

Puti yang mengenakan busana berkerudung merah hadir bersama bakal calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan ditemani sejumlah pengurus DPD PDI Perjuangan.

Putri Guntur Soekarnoputra itu menceritakan bahwa Syaichona Cholil beserta pesantrennya menjadi salah satu tempat perjuangan dan muncul ulama-ulama, termasuk para pendiri NU yang sangat dekat dengan Bung Karno, seperti KH Hasyim Asyari dan KH Abdul Wahab Chasbullah.

Pada kesempatan tersebut, ia bersyukur diberi kesempatan berziarah, berdoa sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan para ulama. "Ini pesan khusus ayah saya, Pak Guntur, untuk berziarah di sini, karena semua tahu bahwa tanpa peran ulama, Indonesia mungkin hanya tinggal cerita masa lalu," ucapnya.

Puti mengatakan, Syaichona Cholil adalah sosok ulama yang rela berkorban untuk umat dan bangsa, serta guru dari banyak ulama besar yang berperan signifikan dalam perjalanan bangsa.

"Dari didikan beliau, lahir banyak ulama dan pejuang ke-Indonesia-an. Keteladanan dan kedalaman ilmu beliau menyebar ke banyak daerah, membentuk kultur di daerah-daerah tersebut menjadi lebih religius, teduh, penuh kebaikan," katanya.

Dosen tamu Asia Jepang Research Center Kokushikan University Jepang tersebut juga menyampaikan bahwa sudah seharusnya keteladanan Syaichona menjadi pijar untuk meneguhkan kerja-kerja gotong royong agar semua semakin baik, maju serta bermanfaat bagi sesama.

Sementara itu, seusai berziarah, Puti yang menjadi sasaran foto masyarakat maupun peziarah menyempatkan berucap salam perkenalan dan meminta restu maju bersama Gus Ipul di Pilkada Jatim 2018. (Ant/icl)

tag: #pilkada-jatim-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...