Ragam
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 21 Jan 2018 - 12:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jenis Makanan Ini Bantu Jaga Mood Pada Usia Tertentu

29Happy-or-Sad1.jpg
Ilustrasi: Mood happy or sad. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- You are what you eat, istilah itu memang benar adanya. Salah satunya suasana hati atau mood seseorang sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di Nutritional Neuroscience menunjukkan bahwa makanan bisa memengaruhi suasana hati. Jenis makanan berbeda untuk usia yang berbeda pula.

Peneliti menemukan bahwa orang dewasa muda berusia sekitar 18-29 tahun lebih membutuhkan protein hewani agar suasana hatinya tetap seimbang. Sedangkan untuk orang dewasa tua yang berusia di atas 30 tahun membutuhkan lebih banyak buah dan sayuran segar dan kurangi kafein untuk menjaga keseimbangan mood.

"Seiring bertambahnya usia, struktur otak kita berangsur-angsur berubah dan menjadi lebih meradang," ujar asisten profesor bidang kesehatan dan kesejahteraan di Binghamton University sekaligus peneliti utama, Lina Begdache, PhD.

Orang dewasa di bawah 30 tahun disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak protein hewani untuk meningkatkan prekursor neurotransmitter, ini memungkinkan terbentuknya hormon yang secara positif mempengaruhi tingkat mood (seperti serotonin dan dopamin).

"Setelah 30, kita kurang peka terhadap zat kimia otak ini dan lebih banyak dipengaruhi oleh radikal bebas dan sistem saraf yang terlalu aktif," jelas Lina.

Pada usa di bawah 30 tahun, disarankan mengonsumsi 1,4 gram protein per kilogram berat badan dalam sehari. Ini akan membantu mengurangi kecemasan dan stres. Ditambah dengan olahraga secara teratur dan cukup istirahat. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...