Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 21 Jan 2018 - 08:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

KPK Mencatat 39 Calon Kepala Daerah Belum Laporkan Harta Kekayaan

35209-kepala_biro_humas_komisi_pemberantas_korupsi_kpk_febri_diansyah_ist-718x452.jpg
Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat sebanyak 39 calon kepala daerah belum melaporkan atau memperbarui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Padahal salah satu syarat calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menyertakan LHKPN dari KPK.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, saat ini sudah ada 1.111 calon kepala daerah yang melaporkan hartanya ke KPK hingga Jumat 19 Januari 2018. “Ada 1.111 orang yang melapor. Setelah ini kami lihat kembali pelaporan yang teknis dan administratif,” ujar Febri di Jakarta, Sabtu (20/1/2018) kemarin.

Sementara dari data KPU, terdapat 1.150 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah untuk ikut pilkada serentak di 171 daerah tahun ini. Memang belum ada aturan sanksi pidana bagi calon kepala daerah yang tidak melaporkan harta kekayaannya ke KPK.

Namun, calon kepala daerah yang tidak melaporkan kekayaannya ke KPK dipastikan tidak dapat ikut tahapan pilkada. “Kalau tidak laporkan LHKPN, ada konsekuensinya. Dalam peraturan pilkada harus ada LHKPN sebagai salah satu syarat," kata dia.

Hingga kini, KPK akan memperbarui data calon yang telah menyerahkan LHKPN. KPK juga akan memverifikasi harta para calon yang telah melapor untuk diumumkan di situs KPK.

"Jika ada sejumlah pihak yang sudah lapor namun belum diinput akan di-update lagi. Setelah pelaporan kekayaan calon kepala daerah yang sudah diverifikasi, akan diumumkan hasilnya di website KPK," tutur Febri. (aim)

tag: #kpk  #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...