Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 22 Jan 2018 - 12:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Amankah Mengonsumsi Teh Mentah?

16Green_Tea_Blog_Super_Powers_1024x1024.jpg
Teh mentah. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Rasanya nikmat dan beraroma segar. Di dalam kandungan teh terdapat kafein dan katekin (antioksidan) yang terkenal banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Maka tak heran bila banyak orang memilih minum teh, apa pun makananya.

Cara membuat minuman yang berasal dari tanaman camellia sinensi ini sangat mudah. Hanya dengan menyeduh daun atau serbuk teh kering dengan air panas, teh siap diminum. Untuk menambah rasa teh bisa dicampur dengan gula.

Pada perkembangannya teh semakin kaya rasa, semua itu tak lepas dari bahan baku campuran yang dimasukkan dalam minuman teh. Seperti teh susu, teh telur, teh madu, atau teh lemon.

Kendati olahan teh sudah semakin bervariasi, ternyata masih ada segelintir orang lebih suka mengkonsumsi teh alami. Bukan alami dengan cara diseduh, namun mengkonsumsi teh mentah alias memakan langsung daun tehnya saja. Seperti memakan daun siri.

Pertanyaannya jika teh dikonsumsi dalam keadaan mentah bagaimana efeknya bagi kesehatan tubuh? Untuk menjawab pertanyaan in, dokter spesialis gizi, Dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi , Sp. GK., mengatakan belum dapat dipastikan efek sampingnya.

"Sejauh ini saya belum menemukan khasiat teh mentah jika dikonsumsi seperti memakan daun sirih. Tidak ditemukan tujuannya apa," kata dokter Inge.

Ia menambahkan, teh mentah jarang ditemukan manfaatnya. “Setahu saya menikmati teh, ya dengan diminum setelah diseduh. Kalau diseduh baru ada manfaatnya," ulas dokter Inge. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...