Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 22 Jan 2018 - 12:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ampas Teh Celup Jangan Dibuang, Khasiatnya Bisa untuk Melembutkan Kulit

62manfaat-ampas-teh-untuk-kulit.jpg
Ampas teh. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Selain nikmat diseruput, teh juga memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk mengecilkan kantung mata atau dikenal dengan mata panda.

Ya, faktor utama penyebab munculnya kantung mata adalah kurang tidur, kurangnya konsumsi makanan bergizi, hingga tidak memerhatikan kesehatan mata.

Tak hanya mengubah gaya hidup agar lebih sehat, menghilangkan kantung mata juga perlu ditunjang dengan perawatan dari luar yang terbilang jitu untuk menghilangkan mata panda.

Beberapa bahan yang diperlukan adalah dua kantung teh celup yang sudah tak terpakai. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya pilih teh hitam atau teh hijau, yang kaya akan kafein, antioksidan, dan sejumlah zat lain yang berfungsi untuk menghilangkan mata panda.

Caranya, dinginkan kantung teh celup bekas yang sudah diseduh dan letakkan di piring. Dinginkan di kulkas selama 20 menit, peras sisa airnya dan letakkan kantung teh celup di atas mata selama 15-30 menit. Lakukan trik ini setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kandungan kafein yang ada pada teh dapat mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga mengurangi bengkak dan lingkaran hitam alias mata panda. Kemudian terdapat senyawa tanin yang bermanfaat sebagai pengencang kulit.

Selain untuk menghilangkan kantung mata, ada beberapa manfaat lain dari kantung teh yang tidak terpakai. Apa sajakah?

Melembutkan kulit

Campur air panas untuk mandi dengan beberapa kantung teh hijau bekas. Antioksidan pada teh hijau efektif untuk merehidrasi kulit Anda.

Kulit lecet atau melepuh

Untuk kulit yang lecet, melepuh, atau bernanah, tutupi daerah luka dengan kantung teh basah selama semalam.

Sebelumnya masukkan kantung teh ke dalam kulkas dan diamkan selama satu setengah jam. Jika sudah, pijat bagian yang memar dengan kantung teh.

Hilangkan bau kaki

Rebus 3 atau 4 kantung teh di sebaskom air selama 10 menit. Setelah air mendingin, rendam kaki anda di dalam baskom. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...