Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 23 Jan 2018 - 19:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Stryofoam Dianggap Berbahaya untuk Kesehatan, Ini Faktanya

78styrofoam-theintellectualist-co-582e7f1b23afbdb5048b4568.jpg
Stryrofoam. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Polistirena merupakan bahan yang sering dijadikan sebagai kemasan makanan, atau selama ini dikenal dengan styrofoam. Banyak informasi negatif yang beredar di masyarakat.Styrofoamdianggap berbahaya bagi kesehatan,salah satunya yaitu dapat menyebabkan kanker.

Padahal styrofoam terdapat dua jenis, yaituPolistirenaFoam atau PS Foam, dan Expandable Polistirena atau EPS.PS Foam adalah jenis yang sering digunakan untuk wadah makanan, sedangkan EPS adalah styrofoam yang berbahaya untuk makanan, karena biasanya digunakan pada pembungkus elektronik.

“PS Foam dari bahan GPPS untuk makanan, tapi kalau yang digunakan untuk elektronik EPS, namun semua masyarakat mengatakan itu styrofoam padahal yang berbahaya itu adalah yang EPS,” ujar direktur Kemasan GroupWahyudi Sulistya.

Lebih lanjut menurutWahyudi ada beberapa keunggulan dari penggunaan styrofoam jenis PS Foam. Diantaranya yaitu dapat didaur ulang dan mengurangi penebangan pohon, ringan, harga ekonomis dan terjangkau, amantanpa bahan kimia D.O.P, tahan panas minimal 100 derajat Celsius dan tahan air.

Selain itu PS Foamtelah disetujui badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, danBadan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia. PS Foamaman karena kadar stirena masih dalam angka aman yaitu 10-43 ppm, angka tersebut masih jauh di bawah level berbahaya untuk kemasan makanan.

Di Indonesia batas kadar stirena pada kemasan makanan yang diperbolehkan maksimal adalah lima ribu ppm."Yang terpenting bukan menghindari plastik, namun bagaimana cara mengolah limbah plastik,” ujar Wahyudi. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...