Lima Stasiun Baru Semakin Hidupkan Kawasan Cikarang
Oleh ferdiansyah pada hari Selasa, 23 Jan 2018 - 06:21:54 WIB

Bagikan Berita ini :

47meikarta2.jpg
Sumber foto : ist
Ilustrasi Proyek Meikarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Lima stasiun kereta Commuter Line baru sepanjang jalur Manggarai-Cikarang bakal beroperasi tahun ini. Tentunya, pengoperasian tersebut akan semakin menghidupkan perekonomian kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pengoperasian lima stasiun itu menjadi bagian dari percepatan kinerja Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Memasuki tahun 2018 ini, kinerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dipacu dengan cepat," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Kelima stasiun baru tersebut, yakni Stasiun Kranji, Stasiun Cakung, Stasiun Klender, Stasiun Klender Baru dan Stasiun Buaran. Sesuai rencana masing-masing stasiun akan beroperasi pada Septembet 2018. Keberadaan kelima stasiun tersebut untuk melayani penumpang di jalar doubel double track(DDT) Manggarai - Cikarang.

Proyek DDT dibangun untuk memisahkan angkutan kereta api commuter line Jabodetabek dengan kereta api jarak jauh dan menengah sehingga tidak terjadi lagi keterlambatan perjalanan kereta api commuter line Jabodetabek.

Proyek DDT sendiri terbagi menjadi 3 paket dengan total jalur sepanjang 35,8 km yaitu Paket A antara Manggarai-Jatinegara, Paket B-21 antara Jatinegara-Bekasi, dan Paket B1 antara Bekasi-Cikarang.

Kehadiran lima stasiun tersebut mempertegas nilai strategis kawasan Cikarang sebagai sentra ekonomi di koridor timur Jakarta. Di samping kereta commuter line, juga terdapat proyek infrastruktur lain yang berdekatan dengan kawasan ini. Yakni proyek LRT (kereta cepat) Jakarta-Bandung, Jalan Tol Layag (elevated) Jakarta-Cikampek, Bandara Kertajati, serta Pelabuhan Patimban.

Keberadaan proyek infrastruktur itu, secara langsung akan menggerakkan perekonomian kawasan Cikarang. Salah satu sektor yang akan menikmati dampak positifnya adalah properti. Secara langsung, properti di kawasan Cikarang tumbuh signifikan.

Dampak positif itu pula yang akan diterima oleh Kota Mandiri Meikarta. Semakin banyak sarana infrastruktur semakin memudahkan konsumen mengakses Mega proyek besutan Lippo Group tersebut. (plt)

tag: #proyek-meikarta  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dalam beberapa hari terakhir, teror bom mengguncang Tanah Air. Rakyat, pemerintah, dan aparat kaget, terkejut dan terkesima. Marah, kesal, cemas, was-was serta ekspresi sejenis muncul bersamaan.

Harapan akan segera terbitnya revisi UU Anti Terorisme menyeruak di tengah perbincangan publik. Polemik pun turut menghangatkan harapan itu.

Bagaimana pandangan Anda tentang penerbitan revisi UU Anti Terorisme :

  • Perlu, segera terbit
  • Dibahas dan dikaji terlebih dulu
  • Tidak perlu
LIHAT HASIL POLING