Berita
Oleh syamsul bachtiar pada hari Selasa, 23 Jan 2018 - 13:21:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Begitu Dibentuk, Tim Pemantau Impor Beras Blusukan ke Tiga Provinsi

84bowosidik2.jpg
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Bowo Sidik Pangarso (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Bowo Sidik Pangarso mengatakan, pihaknya telah membentuk tim khusus untuk memantau kebijakan impor beras.

"Kami sudah membentuk tim pemantau impor beras dan akan dipastikan apakah betul kelangkaan beras terjadi. Minggu depan, tepatnya Kamis, kami akan turun di tiga provinsi. Yakni Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk monitoring beras," ujarnya di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (23/01/2018).

Selain memonitoring, lanjut dia, tim juga akan memantau impor beras yang dilakukan Bulog.

"Buat kami adalah bagaimana harga beras bisa segera turun dan masyarakat bisa membeli murah. Soal impor bila ada penyimpangan data, kami akan membuat tim untuk memonitoring terhadap impor beras ini," ujarnya.

Hasil pemantauan akan diberikan dalam rapat kerja (raker) lanjutan dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Nantinya akan diketahui, apakah stok beras memang tercukupi atau harus mengimpor.

"Tapi bila misalnya harus impor, kami harap impor itu bisa menyebabkan stabilisasi harga. Saya tidak ingin impor yang dilakukan ini merusak harga pasar gabah petani," tandasnya.

Dia menambahkan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sudah mendapat izin untuk mengimpor beras.

"Pak Enggar sudah mendapatkan izin dari pemerintah. Dan Jusuf Kalla, sebagai Wakil Presiden sudah mengatakan untuk impor 500 ribu ton. Harapan kami, bila ada masalah panen, bisa dicukupi oleh stok Bulog . Hari ini stok beras Bulog kurang lebih 800 ribu ton, padahal aturannya harus menyetok 1,5 juta ton," tutupnya.(plt)

tag: #komisi-vi-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement