Ragam
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 24 Jan 2018 - 08:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kecanduan Smartphone Juga Berdampak pada Nyeri Leher

83nyeri leher.jpeg
Ilustrasi: Nyeri leher. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Nampaknya pemandangan bermain hp di mana pun pergi sudah bukan jadi hal yang asing. Di rumah atau di kantor, banyak orang menundukan pandangannya dan terpaku pada gadget masing-masing sehingga postur tubuh menjadi tidak tegap. Hmm jika keseringan seperti itu, apa dampaknya pada tulang belakang?

Senin (23/1/2018) kemarin, melalui pesan singkat, dr Andri Pramadhi, SpOT, dari Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RS Hasan Sadikin Bandung menjelaskan bahwa kebiasaan main gadget tentu bukanlah hal yang baik jika dilakukan secara terus menerus. Sebab hal ini akan meningkatkan beban yang diterima leher.

"Fungsi leher antara lain menyangga berat kepala. Posisi kepala yang menunduk saat menggunakan gadget akan membuat beban yang diterima leher meningkat sampai tiga kali lipat sehingga menimbulkan nyeri. Selain itu juga terjadi regangan dari otot dan ligamen di leher bahkan bisa sampai ke bahu," ujarnya.

Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah nyeri di leher sampai ke bahu. Namun, menurut dokter yang akrab disapa dr Andri, kebiasaan tersebut tidak akan sampai mengubah postur tubuh orang tersebut.

Di samping itu, keluhan soal kesemutan dan kebas di tangan, khususnya jadi jari tengah dan jari kelingking juga sering kali ia terima.

"Ini diakibatkan ada saraf yang tertekan, akibat posisi siku yang menekuk dalam waktu lama (akibat menggunakan smartphone). Dinamakan 'Cubital Tunnel Syndrome'," jelasnya. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...