Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 25 Jan 2018 - 12:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Teh vs Kopi, Mana Kandungan Kafeinnya yang Lebih Tinggi?

73kopivsteh.jpg
Ilustrasi: Teh dan kopi. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Minum teh atau kopi sudah jadi kegemaran banyak orang di Indonesia, bahkan dunia. Namun, keduanya sama-sama mengandung kafein yang tidak boleh berlebihan dikonsumsi.

Ada persepsi yang lebih luas bahwa kopi memiliki lebih banyak kafein daripada teh. Tapi apakah ini benar? Sebelum menebak mana yang lebih tinggi kafein, simak dulu penjelasan ahlinya.

Bluebird Tea Co membeberkan, teh memang mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi. Namun jumlah kafein yang anda konsumsi bergantung pada jenis teh yang anda minum.

Secangkir teh standar memiliki setengah jumlah kafein dibandingkan dengan kopi. Namun, setiap varietas teh yang berbeda memiliki jumlah kafein yang berbeda. Sebagai contoh, teh putih memiliki paling sedikit kafein dibandingkan teh hijau. Meski keduanya juga mengandung tinggi antioksidan yang baik dikonsumsi.

"Saat Anda minum teh, kafein keluar pertama dari daunnya," kata Ahli Kimia Nikolai Kuhnert dari Universitas Jacobs Bremen Jerman.

Senyawa dalam teh itu disebut thearubigins yang merembes keluar dari tanaman. Beberapa benar-benar akan mengikat kafein, yang membuat otak menjadi respon.

Karena kafein adalah bahan kimia alami yang dikandung daun, buah-buahan dan kacang-kacangan. Efeknya bekerja dengan menghalangi adenosin, sebuah neurotransmiter yang terbentuk sepanjang hari membuat anda merasa lelah.

"Kopi dianggap mengandung kafein yang lebih tinggi. Itu memang benar," tambah Kuhnert.

Para ahli menyebutkan, setiap 226 gram bubuk kopi mengandung 150 milligram kafein. Bubuk teh hijau mengandung 75 milligram, teh hitam mengandung 50 milligram, teh oolong menhandung 45 milligram.

Maka tak salah jika anda harus membatasi minum kopi demi menjaga kesehatan. Kalau tidak, dampaknya dalam jangka pendek membuat anda lebih mudah kecanduan.

Tak hanya itu, minum kopi atau teh di malam hari juga mengekang anda jadi sulit tidur. Jika ingin mengonsumsi, disarankan tidak lebih dari empat cangkir dalam sehari.(aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...