Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 25 Jan 2018 - 16:26:16 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta Pemerintah Koordinasi Soal Surat Terbuka Panglima TNI ke Pansus Terorisme

66hadi.jpg
Hadi Tjahjanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Perumusan Revisi Undang-undang (RUU) Terorisme oleh Pansus DPR telah memasuki tahap akhir. Namun muncul perdebatan ketika tersebar surat terbuka dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada DPR. Dalam pesan tersebut Hadi meminta agar militer dilibatkan dalam memberantas terorisme.

Menangapi hal ini, Anggota Pansus RUU Terorisme Bobby Adhityo Rizaldi meminta Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) segera berkoordinasi dengan TNI atas surat tersebut.

Menurut Bobby, keterlibatan TNI dalam hal penanganan terorisme, perlu diselaraskan dan disinergikan secara lebih detail.

"Seperti yang diketahui, hal ini diatur juga dalam UU 34/2004 tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Pemerintah via tim panja revisi UU TPT yang dipimpim pihak kemenkumham, hendaknya segera merespon surat dari Panglima tersebut," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Karena, kata Bobby, UU ini adalah inisiasi dari pemerintah, perlu segera diputuskan, apakah rumusan legal draftingnya disampaikan dalam pembahasan bersama dengan Pansus DPR RI, atau draft yang sedang dibahas saat ini ditarik dulu dan diganti atau revisi?.

"Pemerintah sebaiknya konsolidasi dulu antara Kemenkopolhukam, Kemenkumkam, TNI dan Polri, sehingga pembahasan dengan DPR bisa segera menjadi keputusan," katanya.

Bila situasi seperti ini, lanjut politikus Golkar ini, potensi adanya ketidak sepahaman, antar instansi pemerintah sendiri, akan berakibat panjang pada proses mekanisme pembahasan legislasi.

"Dengan kata lain, pemerintah harus satu suara dulu antar lembaganya, baru bersama 10 fraksi DPR RI membahasnya, kalau dibalik, tidak menjadi lebih efektif atau efisien, sedangkan pembahasan RUU ini sudah sangat lama," tandasnya. (icl)

tag: #terorisme  #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...