TSJateng
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 31 Jan 2018 - 08:46:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Gaet Wisatawan, Ganjar Luncurkan Program 'Jateng Wow'

36ganjar-pranowo2.jpg
Ganjar Pranowo (Sumber foto : Istimewa)

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan program 'Jateng Wow'. Tujuan peluncuran itu untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara pada Februari-Maret 2018.

Peluncuran 'Jateng Wow' berlangsung di Wisma Perdamaian Semarang, Selasa (30/1/2018) malam.

Acara peluncuran ditandai dengan pemukulan perkusi oleh Gubernur Ganjar, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng Urip Sihabudin dengan disaksikan para tamu undangan serta para pegiat wisata. Dalam sambutannya, Ganjar berharap Jateng Wow bisa menjadi daya ungkit pariwisata di Jateng, terutama pada low season yakni Januari hingga Maret tiap tahunnya.

"Saya usul antarhotel membuat event pariwisata pada tiap akhir pekan secara bersamaan atau giliran, terbayangkan enggak kalau setiap weekend ada 'event' apapun di hotel maupun destinasi wisata," katanya.

Selain itu, para pegiat wisata juga diminta mempublikasikan kegiatan pariwisata yang digelar tersebut sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas.
"Publikasikan event apa, diskonnya berapa, acaranya di mana itu tiap hari disampaikan atau diceritakan melalui media sosial," ujar Ganjar.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng Urip Sihabudin menjelaskan program 'Jateng Wow' ini bertujuan meningkatkan jumlah kunjungam wisatawan ke Jateng di periode Februari-Maret. Dengan mengenalkan objek-objek wisata yang baru maupun yang telah ada.

Berdasarkan data yang dimiliki Disporapar Jateng, dari tahun ke tahun jumlah wisatawan pada Februari hingga Maret itu selalu lebih rendah dibandingkan bulan-bulan yang lainnya. "Dengan 'Jateng Wow' yang akan digelar tiap tahun ini, kami menargetkan kenaikan kunjungan wisatawan sebesar 20 persen pada Februari-Maret," katanya.

Program 'Jateng Wow' menawarkan kemudahan bagi wisatawan seperti keringanan paket wisata, potongan harga untuk hotel dan biaya masuk objek wisata. Biaya itu diberikan oleh pengelola objek-objek wisata maupun perusahaan oenyedia jasa transportasi.

"Sampai hari ini peserta yang sudah konfirmasi berpartisipasi pada 'Jateng Wow' sebanyak 148 peserta yang terdiri atas 92 hotel dan resort, delapan restoran, 23 daya tarik wisata, 22 biro perjalanan, serta tiga perusahaan penyedia jasa transportasi," ujarnya.

Jumlah tersebut, Urip mengatakan, melebihi target yakni 100 peserta dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah. Karena masih ada beberapa pemangku kepentingan yang menyatakan kesanggupan, namun belum melaporkannya.(yn/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJateng Lainnya
TSJateng

Presiden PKS Kaget Timses Cagub Sudirman Said Ditodong

Oleh Enjang Sofyan
pada hari Selasa, 03 Jul 2018
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS mengaku kaget saat mengetahui salah satu tim sukses (Timses) calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-da Fauziyah ditodong orang tak dikenal. "Kaget ...
TSJateng

Sudirman Said Kalah Versi Hitung Cepat, Sohibul: Saya Bangga

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS Sohibul Iman mengapresiasi upaya pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, Sudirman Said-Ida Fauziah di Pilkada Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018) ...