Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 01 Feb 2018 - 19:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

PDIP Tak Khawatir Ganjar Tersandung e-KTP

86pilgub.jpg
Ilustrasi: Pilgub Jateng. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) tidak khawatir terkait nama Ganjar Pranowo yang kerap dikaitkan dengan kasus proyek e-KTP. Ganjar yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah akan bertarung kembali pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 mendatang.

Wakil Bendahara DPD PDI Perjuangan Jateng Dede Sudiro menyampaikan, calon yang didukung oleh partainya tidak terlibat kasus proyek e-KTP yang sedang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

"Itu kita menghormati semua hukum yang memproses , saya yakin Pak Ganjar tidak terlibat," kata Dede melalui pesan singkatnya, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Saat disinggung soal peluang kemenangan pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan PPP ini, Dede optimis Ganjar terpilih kembali. Menurut anggota DPRD Jateng itu, sejauh ini masyarakat cukup merasakan dampak dari kebijakan-kebijakan Ganjar yang pro terhadap masyarakat.

"Ya bagus Pak Ganjar, cukup, jalan-jalan mulai bagus ke daerah dalam pembangunan, dan itu dirasakan masyarakat banyak," jelas Dede.

Namun begitu, PDI Perjuangan tidak puas. Pihaknya, tetap akan bekerja maksimal untuk memenangkan Ganjar Pranowo-Gus Yasin.

"Tentunya harus bekerja semaksimal mungkin bagi semua kader partai wajib hukumnya," pungkasnya.

Sebelumnya, pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Adi Prayitno, menilai, kasus proyek e-KTP yang kerap disangkutkan dengan Ganjar Pranowo bakal menjadi hambatan langkah politiknya pada Pilgub Jateng 2018.

Menurutnya, disebutnya nama Ganjar di kasus tersebut akan menjadi beban elektoral.

"Tentu saja, Ganjar yang selalu dikaitkan dengan kasus e-KTP akan menjadi beban elektoral. Meski sejauh ini Ganjar hanya sebatas saksi," ujar Adi, di Jakarta, Rabu (31/1/2018). Status Ganjar sebagai saksi, kata dia, setidaknya akan mengesankan hal yang negatif bagi publik.

"Ini akan memengaruhi memori kolektif publik bahwa Ganjar tau banyak soal e-KTP," pungkasnya.

Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto yang merupakan terdakwa dalam kasus e-KTP juga sempat meminta Gubernur Jateng tersebut untuk dihadirkan dalam persidangan. Pasalnya, ada beberapa hal yang mesti mendapat konfirmasi dari Ganjar Pranowo.

"Kalau dibutuhkan keterangannya di persidangan, karena kan kita harus membuktikan dakwaan, tidak tertutup kemungkinan kita akan hadirkan. Itu sepenuhnya tergantung pada kebutuhan JPU membuktikan rangkaian peristiwanya," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/1/2018). (aim)

tag: #dpd  #jateng  #korupsi-ektp  #kpk  #pdip  #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...