Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 04 Feb 2018 - 16:12:45 WIB
Bagikan Berita ini :
BEM UI Kritik Jokowi

Pengamat: Aku Iri Melihat Zaadit

7jokowi.jpg
Aksi Zaadit Taqwa memberikan kartu kuning ke Jokowi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Dosen Pengajar Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Mohammad Nasih mengaku mengapresiasi sikap Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM-UI) Zaadit Taqwa yang dengan gagah berani melayangkan kritik kepada presiden Joko Widodo saat acara dies natalis beberapa waktu lalu.

"Aksinya cocok dengan harapan bapaknya saat memberikan nama. Zaadit Taqwa memang berarti bekal takwa. Takwa itu menjalankan segala perintah, dan sekaligus menjauhi larangan-Nya, karena hanya takut kepada-Nya. Takwa hanya kepada Allah ya memang harus tidak takut kepada penguasa. Dengan segala risikonya tentunya. Mau diskors, di-DO, bahkan ditembak Paspampres sekalipun, anggap saja biasa," puji Nasih kepada wartawan di Jakarta, Minggu (04/02/2018).

Tak hanya itu, Nasih juga mengaku lega melihat masih ada mahasiswa yang melakukan aksi di depan penguasa.

"Aku merasa lega. Sebelumnya, jeritan berjuta rakyat agar mahasiswa kembali bergerak, karena rezim ingkar janji dan kian lalim, malah dibalas dengan makan malam lalu foto bersama penguasa mereka sebar dengan bangga," tandasnya.

Padahal, kata dia, seruan dosen-dosen mantan aktivis tulen agar mahasiswa turun ke jalan, malah dibalas hanya dengan aksi selfi-selfi dan fotonya dikirim ke dosen sebagai bukti untuk meyakinkan.

"Padahal sudah beragam jargon motivasi gerakan diberikan bahwa sekali aksi lebih baik dibanding seribu kuliah. Namun mereka belum juga bergerak, hanya bergerak-gerak saja," lirihnya.

"Dengan jaket almamater yang sebenarnya membuat makin wibawa, mahasiswa malah lebih suka menjadi juru sorak di acara infotainment televisi hiburan dibanding orasi dalam aksi bersama massa rakyat," sindirnya.

Dalam harapan yang nyaris sampai taraf putus asa, menurutnya, Zadit Taqwa menjadi penanda bahwa mahasiswa masih ada.

"Aku iri, karena aku dulu dengan sendiri hanya bisa aksi bakar majalah yang redaksinya tidak jujur dan menggelapkan dana dua edisi penerbitannya di depan kampus. Hanya begitu saja aku dihadiahi skors empat bulan dan jadi dua tahun karena proses pengadilan. Zaadit Taqwa pasti akan menghadapi risiko lebih besar. Karena risiko lebih besar itulah, aku makin iri kepadanya. Bukan iri yang menyesakkan dadaku, tetapi iri yang membuatku bangga sebagai bagian dari civitas akademika," ujarnya.

"Aku dan tentu kita semua akan lebih bangga juga bahagia, jika Ketua-ketua BEM seluruh Indonesia: IPB, Univ. Trisaksi, ITB, Unpad, UGM, Unair, Unibra, ITS, Undip, Unsyiah, Uncen, dan UIN-UIN terutama yang membawa nama besar Wali Sembilan bersama-sama meniup peluit yang agak panjang dengan mengangkat kartu kuning yang lebih besar," pungkasnya. (icl)

tag: #jokowi  #mahasiswa-melawan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement