Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 05 Feb 2018 - 20:43:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Setya Novanto Selalu Menenteng Buku Hitam, Apa Isinya?

82wow-berharta-ratusan-miliar-novanto-punya-23-unit-tanah-dan-bangunan_m_169568.jpeg
Setya Novanto. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ada yang tak lazim pada Setya Novanto,tersangka kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik, saat menjalani sidang kasusnya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (5/2/2018).

Dalam persidangan kali ini, Setnov—akronim bekennya—tepergok membawa buku catatan berwarna hitam. Pada persidangan-persidangan sebelumnya, buku itu tak pernah tampak dibawanya.

Firman Wijaya, Kuasa Hukum Novanto, mengungkapkan buku yang dibawa Novanto ibarat "kotak hitam” ataublack boxyang paling dicari-cari ketika terjadi kecelakaan pesawat.

"Saya rasa buku yang digunakan itu, saya menyebutnya kalau pesawat itu jatuh itu pastiblack box, harus dicari," ujar Firman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Meski demikian, ia tak mengetahui alasan Novanto membawa buku berwarna hitam. Ia juga tak tahu isi buku tersebut. Firman mengakui, tak bisa memastikan buku hitam Setnov itu berisi nama-nama penting yang dianggap terlibat dalam patgulipat dana proyek bermasalah tersebut.

Namun, Firman memastikan, buku hitam Setnov itu ibarat kamus yang akan menerjemahkan serta memetakan struktur kasus e-KTP.

"Dia(Novanto) mengambil buku yang berwarna hitam. Ya saya tidak tahu kenapa pilihannya itu.Tapi di dalam kamus hukum, ada yang namanyablack's law dictionarybisa saja ini kamus, yang dia ingin sebutkan di kasus E-KTP," tuturnya.

Firman meminta publik menunggu Setnov yang kekinian sudah mengajukan statusjustice collaboratoralias mau membantu KPK tersebut, membeberkan isi buku hitamnya.

"Saya rasa kita tunggu. Karena posisi JC(justice collaborator)ini kan penting dalam instrumen penuntasan kasus ini. Berikan kesempatanPak Nov dan kuasa hukum bekerja," tandasnya. (aim)

tag: #korupsi-ektp  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement