Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 06:13:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Air Sungai Meluap, Empat RW di Jaksel Terendam Banjir

58bajir.jpg
Sejumlah aparat siaga banjir di kawasan Jakarta Timur. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Empat Rukun Warga (RW) di wilayah Jakarta Selatan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi sekitar 10 hingga 80 sentimeter. Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Firmansyah mengatakan banjir ini karena curah hujan tinggi.

"Ada empat RW yang terendam banjir karena curah hujan di daerah hulu sejak Minggu (4/2) malam cukup tinggi," kata Firmansyah di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Menurut dia, banjir yang merendam empat RW tersebut terjadi akibat luapan air sungai mengingat curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi di daerah hulu sejak Minggu (4/2) malam.

"Selain curah hujan yang cukup tinggi, kami juga mengantisipasi kondisi di Bendung Katulampa yang sudah mencapai siaga satu. Kami akan pantau terus dan berjaga-jaga," ujar Firmansyah.

Dia menuturkan empat wilayah RW yang terendam banjir itu yaitu RW 05 dan RW 08 di Kelurahan Pejaten Timur dengan ketinggian sekitar 30 hingga 80 sentimeter. Banjir itu terjadi akibat luapan Sungai Ciliwung.

Kemudian, sambung dia, di RW 01 Kelurahan Pengadegan dengan ketinggian sekitar 10 hingga 30 sentimeter dan RW 03 Kelurahan Pondok Labu dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter akibat luapan Kali Krukut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin mengungkapkan sejauh ini, para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan satuan tugas (satgas) terus siaga di setiap kelurahan dan kecamatan, terutama yang rawan banjir.

"Sebagai penanganan, kami kerahkan dan siagakan semua personel di daerah-daerah yang rawan banjir. Selain itu, kami juga memastikan pompa-pompa air dapat berfungsi dengan baik," ungkap Arifin.

Hujan deras yang berlangsung sejak Minggu (4/2) kemarin hingga pagi ini wilayah hulu Sungai Ciliwung di daerah Bogor telah menyebabkan debit air Sungai Ciliwung meningkat. Tinggi muka air di Bendung Katulampa telah mencapai 220 sentimeter pada Senin (5/2) pukul 08.30 WIB, sehingga menyentuh level siaga satu atau level tertinggi dari tingkatan banjir.

Sementara itu, berdasarkan data dari BPBD DKi Jakarta, sejumlah wilayah yang diperkirakan akan dilanda banjir, antara lain Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu. (Ant/icl)

tag: #banjir-jakarta  #bencana-alam  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...