Jakarta
Oleh ferdiansyah pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 10:50:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengungsi Banjir, Data Kemensos Lebih Kecil Dibanding DKI

6ilustrasipengungsi.jpg
Ilustrasi pengungsi banjir Jakarta (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Data jumlah pengungsi banjir di wilayah DKI Jakarta versi Kementerian Sosial lebih kecil dibanding Pemprov DKI. Menurut Kemensos, jumlah pengungsi sebanyak 3.100 orang, sedangkan Pemprov DKI menyebutkan 6,532 jiwa.

Kementerian Sosial mencatat jumlah warga Jakarta yang terdampak banjir akibat meningkatnya debit air Sungai Ciliwung pada Senin (5/2/2018) sebanyak 4.305 jiwa.

"Hingga Senin malam, total jumlah warga terdampak banjir Jakarta sebanyak 4.305 jiwa, 1.129 Kepala Keluarga. Total jumlah pengungsi sebanyak 3.100 jiwa, 831 KK," kata Menteri Sosial Idrus Marham dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Di Jakarta Timur, banjir terjadi di Kecamatan Kramat Jati tepatnya di Kelurahan Cawang, Cililitan, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Melayu, Balaikambang.

Di Kecamatan Jatinegara banjir mengenangi rumah warga di Kelurahan Cipinang Muara dan Bidara Cina. Ketinggian air rata-rata mencapai 20--200cm. Total jumlah pengungsi hingga Senin malam sebanyak 2.421 jiwa 626 Kepala Keluarga.

Tenda dan dapur umum sudah didirikan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di Cililitan. Bantuan logistik mulai disalurkan sejak Senin malam.

Sementara di Kelurahan Cawang, sebanyak dua tenda pengungsian juga didirikan di Halaman Rumah Sakit Budi Asih dan Gang Arus untuk menampung pengungsi dari Kelurahan Cawang.

Dapur umum juga didirikan di Kantor Suku Dinas Sosial Jakarta Timur dan di Cipinang Melayu, satu tenda juga sudah didirikan di Universitas Borobudur.

Di Jakarta Selatan banjir hingga ketinggian 175 cm menerjang sejumlah kecamatan yakni Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet, Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu, Kelurahan Bangka Kecamatan Mampang Prapatan.

Petogogan Kebayoran Baru, Lenteng Agung dan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa, Rawajati Kecamatan Pancoran, Pondok Labu Kecamatan Cilandak. Total jumlah pengungsi sebanyak 679 jiwa, 205 KK.

Di Jakarta Barat genangan air setinggi 10-15 cm terjadi di Kelurahan Duri Kosambi Kecamatan Cengkareng dan Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres.

Kemensos mengaktifkan 81 Kampung Siaga Bencana (KSB), 15 KSB di wilayah Jakarta Timur di antaranya sudah melakukan evakuasi dan mendirikan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) yang dikelola oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Dinas Sosial DKI Jakarta.

Sementara itu, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sampai saat ini efek banjir Jakarta telah berdampak kepada 140 RT dan 48 RW yang terimbas langsung di sejumlah titik DKI Jakarta, khususnya daerah Selatan dan Timur .

"Jumlah pengungsi sampai dengan tadi pagi jam 06.00 berjumlah 6.532 jiwa semuanya di Jaktim dan Jaksel. Paling banyak di Jaksel 3.900 jiwa, Jaktim 2.632 jiwa," kata Anies di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).(plt/ant)

tag: #banjir-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...