Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 21:19:14 WIB
Bagikan Berita ini :

BMKG: Musim Hujan Berlangsung Hingga Maret

66HJAN.jpg
ilustrasi (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan dengan intensitas tinggi masih akan berlangsung hingga Maret 2018. Cuaca ekstrem saat ini tengah melanda beberapa daerah di Indonesia.

"Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami puncak musim hujan sampai Maret," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam video konferensi yang dilaksanakan di kantor BMKG di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Kepala BMKG yang saat itu berada di Medan melakukan konferensi pers melalui video konferensi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di gedung BNPB dan Sekretaris Utama BMKG di kantor BMKG di Jakarta yang dihadiri perwakilan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. Dwikorita menjelaskan, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi memasuki puncak musim hujan begitu juga dengan sejumlah daerah lainnya yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat hingga sepekan ke depan.

Daerah yang berpotensi dilanda hujan adalah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua dan Papua Barat. Dia menjelaskan, kondisi tersebut terlihat dari dominasi angin baratan yang cukup kuat sejak Januari 2018.

Selain potensi hujan lebat, angin kencang lebih dari 20 knot juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia meliputi Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Riau, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah, NTB dan Laut Arafuru. Potensi angin kencang tersebut berdampak pada peningkatan gelombang laut dengan tinggi gelombang mencapai 2,5-6 meter.

Untuk itu BMKG mengimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya genangan, banjir dan tanah longsor. "Waspada hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon tumbang serta tidak berlindung di bawah pohon ketika terjadi hujan disertai petir," imbau Dwikorita. (icl)

tag: #banjir-jakarta  #bmkg  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...