Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 07 Feb 2018 - 10:37:00 WIB
Bagikan Berita ini :

KemenPUPR: Bendungan untuk Tangkal Banjir Jakarta Selesai 2019

14Ktr-PUPR.jpg
Kementerian PUPR. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko, menyatakan, pihaknya sudah mengantisipasi penanganan banjir yang melanda wilayah Jakarta.

Penanganan tersebut dia lakukan dengan membangun dua bendungan di Bogor, Jawa Barat. Bendungan tersebut yakni bendungan Ciawi dan Sukamahi yang direncanakan selesai pada 2019 mendatang.

"Penanganan banjir mulai dari hulu ke hilir. Dari hulu Sungai Ciliwung di Bogor, di sana kami menyiapkan dua bendungan. Fungsinya untuk mereduksi puncak banjir,” ujar Jarot di Kantor BMKG Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Menurut dia, fungsi bendungan bukan untuk menampung debit air, melainkan mengendalikan air yang mengalir. "Jika suatu saat terjadi hujan deras bisa dikendalikan di bendungan tersebut," kata dia.

Jarot berharap, jika kedua bendungan tersebut rampung, setidaknya bisa berfungsi untuk menahan laju air dari Bogor menuju Jakarta. Sebab, jenis bendungan tersebut kering.

“Saat terjadi hujan setidaknya bisa menampung air, dan saat tidak hujan bendungan tersebut kering,”ucap dia.

Selain bendungan, upaya lain mengatasi banjir di Jakarta dengan normalisasi Sungai Ciliwung dan membuat sodetan sungai. Jarot berharap, Air dari bendungan itu nantinya bisa mengalir ke Ciliwung dan sudetan masuk ke Banjir Kanal Timur (BKT).

"Selain normalisasi sodetan juga dibangun waduk-waduk yang bakal dipompa ke laut. Namun sampai saat ini, proses normalisasi masih terkendala pembebasan lahan," ucap dia. (aim)

tag: #banjir-jakarta  #kementerian-pupr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement