Puti Guntur Berharap Pusat Kebudayaan Jatim Ada di Surabaya
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 09 Feb 2018 - 08:47:03 WIB

Bagikan Berita ini :

94puti-soekarno.jpg
Sumber foto : Dok Istimewa
Puti Guntur Soekarno

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jawa Timur memiliki banyak potensi budaya layaknya kota-kota besar di luar negeri. Untuk itu, Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur, diharapkan menjadi pusat kebudayaan.

Hal tersebut disampaikan bakal calon Gubernur Jatim, Puti Guntir Soekarno, saat menutup pameran lukisan bertema 'Tetesan Darah untuk Negeri' di Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Balai Pemuda, Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Kamis (8/2).

"Saya melihat banyak sekali potensi Jawa Timur ini, baik dari sisi budaya seni tari kuliner, fashion, bahkan alamnya pun bisa menjadi satu potensi untuk bisa dijual dalam bidang pariwisata," kata Puti.

Puti berharap, ekonomi kreatif di Jawa Timur ini bisa berkembang dengan pontensi-potensi yang ada di Jatim.

"Mungkin sebagai ibu kota provinsi di Jawa Timur ini dibangun satu pusat kebudayaan. Dimana itu bisa menarik turis domestik maupun mancanegara yang memang datang ke Jawa Timur untuk bisa melihat apa saja kebudayaan Jawa Timur. Lewat pusat kebudayaannya selain itu di dalamnya ada ruang diskusi para seniman dan kebudayaan," ungkapnya.

Bahkan menurut Puti, Surabaya sudah sebanding dengan Sydney Opera House jika, industri pariwisatanya sudah maju. Dengan begitu, pemerintah provinsi bisa membangun gedung pusat kesenian Jawa Timur.

"Bahkan nanti, bisa kembali menghidupkan ludruk kemudian dikolaborasi dengan kesenian-kesenian yang lain dan juga kelompok kesenian dari mancanegara," ungkapnya.

Sementara itu, Puti mengaku sangat terkejut jika dirinya juga dilukis dengan begitu cantik oleh Jupri Abdullah.

"Alhamdulillah saya sangat senang. Saya bisa menginspirasi Cak Jupri dalam menambah kazanah lukisan para tokoh-tokoh yang beliau lukis pada pameran kali ini," Puti.

Jupri Abdullah mengaku, saat melukis sosok Puti Guntur Soekarno membutuhkan waktu tiga hari untuk merampungkan lukisan beraliran realis pop art itu.

"Bahkan saat saya menyelesaikan lukisan mbak Puti banyak yang bertanya-tanya siapa beliaunya. Kemudian saya kenalkan bahwa dia adalah calom wakil gubernur Jatim yang akan berpasangan dengan Gus Ipul, mereka langsung meminta foto bersama dengan lukisan mbak Puti," ungkapnya.

Saat ditanya kenapa sosok Puti Soekarno yang ia lukis, Jupri mengaku karena ini merupakan kejutan.

"Justru ini kejutan yang luar biasa kenapa karena mbak Puti muncul dengan tiba-tiba sepertinya ini ada campur tangan tuhan," tandasnya. (aim)

tag: #pilkada-jatim-2018  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dalam beberapa hari terakhir, teror bom mengguncang Tanah Air. Rakyat, pemerintah, dan aparat kaget, terkejut dan terkesima. Marah, kesal, cemas, was-was serta ekspresi sejenis muncul bersamaan.

Harapan akan segera terbitnya revisi UU Anti Terorisme menyeruak di tengah perbincangan publik. Polemik pun turut menghangatkan harapan itu.

Bagaimana pandangan Anda tentang penerbitan revisi UU Anti Terorisme :

  • Perlu, segera terbit
  • Dibahas dan dikaji terlebih dulu
  • Tidak perlu
LIHAT HASIL POLING