Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Minggu, 11 Feb 2018 - 09:31:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Potongan Zakat ASN akan Dikelola Baznas

12reni.jpg
Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati mengatakan, dana zakat yang dipotong dari gaji aparatur sipil negara (ASN) akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Reni pun meminta semua pihak tidak usah khawatir perihal adanya kebijakan ini. Sebab, Baznas sendiri telah memiliki data penerima zakat yang valid.

"Zakat ini itu tidak dikelola oleh pemerintah, apalagi Kementerian Agama. Tapi langsung diserahkan kepada Baznas sebagai lembaga amal zakat," kata Reni saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Anggota Komisi X DPR RI ini menyatakan kebijakan soal zakat tidak bisa dilihat dari sudut pandang politik maupun sosial. Seharusnya, kata Reni, didudukkan pada porsi agama.

"Intinya adalah bahwa ini sesungguhnya dalam rangka untuk bagaimana potensi dana umat dalam bentuk zakat bisa diaktualisasikan semata-mata untuk kemaslahatan umat," ujarnya.

Reni pun melihat gagasan ini sangat mulia karena negara ingin fasilitasi seperti halnya haji. Meskipun, terang dia, kebijakan zakat ini sifatnya sukarela dan tidak ada unsur pemaksaan.

"Melalui zakat ini misi utamanya adalah bagaimana memberikan sebagian harta kita bagi yang mampu untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan," tuturnya.

"Karena beberapa poin gagasan ini sudah sesuai dengan UUD tentang fakir miskin dilindungi oleh negara, sebagaimana dimanatkan UUD," tutupnya. (plt)

tag: #pns  #ppp  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...