Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 08:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Musim Hujan, Begini Tip Mengatasi Barang yang Basah

60tips-musim-hujan-6.jpg
Ilustrasi: musim hujan. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kita sering dipusingkan oleh hal-hal sederhana yang sebenarnya mudah diatasi, seperti diganggu lalat, lemari yang lembab, atau ponsel yang terkena air. Apalagi di musim hujan ini, banyak di antara kita yang sering kehujanan dan membuat barang-barang basah.

Kuncinya tak usah panik, carilah cara mudah untuk mengatasinya. Bila kita mengalami hal-hal seperti di atas, ikuti saja trik berikut ini. Dijamin segalanya bakal beres dan aktivitas pun bisa kembali berjalan lancar.

1.Ponsel basah
Bila ponsel basah akibat kehujanan atau tersiram air, kemudian mati karena ada air yang meresap ke dalam, segera bersihkan ponsel dengan kain kering kemudian taruh di dalam semangkuk beras. Beras akan menyerap air dari ponsel dan alat komunikasi ini pun bisa berfungsi lagi.

2.Mencegah sakit
Tak perlu meminum obat-obatan atau suplemen berbahan kimia untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakir ringan seperti flu akibat kehujanan dan baju basah. Cukup minum secangkir air jeruk nipis hangat dengan tambahan madu dan jahe dan sistem kekebalan tubuh pun akan membaik.

3.Mengusir lalat
Gangguan lalat sering sangat menjengkelkan. Untuk mengusir serangga ini, belah lemon menjadi dua bagian, taruh di jendela dan pintu. Cengkeh juga bisa digunakan untuk menangkal lalat.

4.Mencegah lemari lembab
Lemari sering menjadi lembab, apalagi bila ada atap yang bocor dan airnya sampai membasahi lemari. Taruh beberapa butir cengkeh dan kapur barus. Dijamin lemari akan kering lagi.

5.Menjaga perabot tetap kering
Perabot dari kayu adalah santapan rayap, terutama bila kondisinya lembab. Untuk mengusir serangga ini, poles perabot dengan minyak rambut tanpa aroma untuk mencegah perabot lembab dan diserbu rayap.

6.Mengeringkan sepatu
Sepatu yang basah akan menyebabkan bau tak sedap dan jamur. Untuk mengurangi dampak air hujan pada sepatu, gosokkan lilin pada sepatu sebelum keluar rumah atau selalu siapkan tisu kering untuk mengelapnya.

7.Mengeringkan pakaian
Menunggu pakaian kering sungguh menguji kesabaran di musim hujan. Bila pakaian tak juga kering, taruh di depan kipas angin yang menyala dengan kecepatan tinggi.

8.Mengeringkan rambut
Rambut basah akibat kehujanan padahal kita harus menghadiri rapat atau bertemu kolega. Tak usah khawatir, bubuhkan krim tangan untuk mengeringkannya.

9.Mengeringkan wajah
Menggunakan kertas minyak adalah pilihan yang lebih baik untuk mengeringkan wajah yang basah akibat air hujan karena tak akan banyak menghapus riasan wajah. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...