Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 12:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini 5 Tanda yang Mengindikasikan Kanker Usus

915-tanda-serangan-kanker-usus-besar-yang-jarang-disadari.jpg
Ilustrasi: gejala kanker usus. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Prevalensi kanker usus di Indonesia cukup tinggi. Kebanyakan yang terkena penyakit ini adalah pria. Walau begitu, wanita harus tetap waspada terhadap gejalanya.

Sayangnya, gejala kanker usus seringkali tidak disadari karena termasuk umum. MelansirExpress, Selasa (13/2/2018), berikut sejumlah gejala kanker usus yang perlu diwaspadai:

1. Pendarahan di anus

Bila Anda secara tidak sengaja melihat celana berdarah atau ada bercak di bangku yang keluar dari anus, itu bisa jadi gejala kanker usus. Darah berwarna merah atau hitam bisa berasal dari usus. Akan tetapi, keluarnya darah bisa juga karena pembengkakan pembuluh darah (hemoroid). Untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke dokter.

2. Benjolan

Bila Anda menemukan benjolan di perut atau tubuh bagian belakang itu juga bisa menjadi penanda kanker usus. Benjolan bisa terasa sangat menyakitkan bila tidak diatasi. Hal itu tentu mengganggu kehidupan sehari-hari termasuk makan dan tidur.

3. Kelelahan

Kelelahan adalah tanda peringatan kanker usus karena terjadi kekurangan zat besi dalam tubuh sehingga menyebabkan anemia. Seseorang yang kekurangan sel darah merah biasanya merasa sangat lelah dan kulit terlihat pucat.

4. Perubahan kebiasaan buang air besar

Salah satu gejala kanker usus yang mudah disadari adalah kebiasaan buang air besar. Idealnya orang buang air besar paling tidak sekali sehari dan terjadi di pagi hari. Apabila Anda menemukan perubahan kebiasaan buang air besar lebih dari tiga minggu, segeralah periksa ke dokter.

5. Penurunan berat badan

Ini merupakan tanda yang tidak begitu spesifik. Namun cukup sering dialami. Bila penurunan berat badan terjadi dengan gejala lainnya bisa mengindikasikan kanker usus. Tanda lainnya adalah Anda tidak nafsu makan. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...