Muncul Bintik Putih di Kuku, Apakah Berbahaya?
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 19:00:00 WIB

Bagikan Berita ini :

61tahukan-anda-arti-tanda-putih-di-kuku-deteksi-dini-penyakit-kronis-FffmA1bhU4.jpg
Sumber foto : dok istimewa
Bintik putih pada kuku tangan.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kita mungkin pernah melihat bintik putih kecil di kuku dan bertanya-tanya kenapa tanda itu muncul? Ada yang bilang kalau bintik itu karena kekurangan kalsium. Sayangnya itu adalah mitos.

Satu hal yang pasti, bintik putih di kuku tak berisiko. Di dunia medis, tanda itu disebut sebagai Leukonychia punctata, atau karena trauma ringan di kuku. Nah, trauma itu tak melulu karena terjepit pintu, tapi bisa jadi akibat terlalu keras mengetuk atau mengigit kuku. 

Bintik putih terbentuk di bagian paling bawah kuku dan bergerak ke atas saat mulai tumbuh. Namun sebagian besar kita tak sadar apa yang menyebabkan munculnya bintik tersebut.

Selain itu, penyebab lain dari bintik itu bukan hanya trauma, juga reaksi alergi terhadap cat kuku. Tapi bagaimana kalau seluruh kuku menjadi putih? Itu bisa menjadi sesuatu yang serius dan disarankan untuk periksa ke dokter. 

“Karena kuku yang seluruhnya memutih bisa menjadi indikator kondisi serius seperti sirosis hati, gagal ginjal atau penyakit jantung,” menurut NHS, layanan kesehatan nasional Inggris. (aim)

tag: #kesehatan  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dalam beberapa hari terakhir, teror bom mengguncang Tanah Air. Rakyat, pemerintah, dan aparat kaget, terkejut dan terkesima. Marah, kesal, cemas, was-was serta ekspresi sejenis muncul bersamaan.

Harapan akan segera terbitnya revisi UU Anti Terorisme menyeruak di tengah perbincangan publik. Polemik pun turut menghangatkan harapan itu.

Bagaimana pandangan Anda tentang penerbitan revisi UU Anti Terorisme :

  • Perlu, segera terbit
  • Dibahas dan dikaji terlebih dulu
  • Tidak perlu
LIHAT HASIL POLING