Gunung Agung Erupsi Lagi
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 13:45:52 WIB

Bagikan Berita ini :

282017-09-17_gunung-sinabung-erupsi-1.jpg
Sumber foto : Dok Istimewa
Gunung Agung erupsi lagi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Gunung Agung kembali menunjukkan aktivitasnya. Siang tadi, gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu kembali erupsi.

Kolam abu terpantau membubung setinggi 1.500 meter. Dari laporan periodik yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang disusun oleh Nurul Husaeni, gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu erupsi pada pukul 11.49 Wita.

Pada saat letusan terjadi, arah angin condong ke timur dan timur laut. Pada saat laporan disusun, cuaca berawan, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur. Suhu udara 22-29 °C dan kelembapan udara 70-87 persen.

Secara visual kabut 0-I hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 1.500 meter di atas puncak kawah.

Teramati letusan dengan tinggi 1.500 m dan warna asap kelabu. Kolom asap dan abu teramati dengan ketinggian 1.500 meter di atas puncak, condong ke timur dan timur laut.

Dari aspek kegempaan terekam satu kali gempa letusan, satu kali gempa vulkanik dalam dan tektonik jauh satu kali. Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Agung berada di level III alias siaga.

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi serta dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Areal landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (aim)

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING